203 views

Batas Usia Maksimal Capres-Cawapres Juga Digugat Ke MK

JAKARTA-LH: Kalau selama ini gugatan berbagai pihak terkait usia minimal capres/cawapres diturunkan dari 40 tahun, beberapa hari terakhir Mahkamah Konstitusi (MK) dibanjiri oleh penggugat agar MK juga menetapkan Usia Maksimal Capres/Cawapres. Dalam UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (Pemilu) tidak mengatur usia maksimum Capres/Cawapres justru hanya mengatur usia minimum yakni 40 Tahun.

Gugatan batas usia maksimum ini memang cukup menarik dan wajar, mengingat hampir seluruh Aparatur Negara, Karyawan, bahkan berbagai profesi mengatur batas usia minimum dan maksimum. Lantas, sangat wajar juga bila batas usia maksimal seorang Capres/Cawapres juga harus diatur. “ Hal ini sangat wajar karena menyangkut kinerja kalau nantinya yang bersangkutan terpilih menjadi Presiden dan atau Wakil Presiden. Bisa dibayangkan, bagaimana mungkin kalau dalam usia ujur seorang Presiden/Wapres menjalakan tanggung jawabnya yang begitu besar. Justru usulan ini jauh lebih penting daripada batas minimal. Batas minimalnya (40) tahun saya pikir sudah cukup refresentatif “ ujar Aktivis pengamat Sosial Bagus JWP, SH  ketika diminta pendapatnya melalui sambungan selulernya (Rabu, 23/08/2023).

Pada 18 Agustus 2023 yang lalu, sebanyak 98 Pengacara mengajukan gugatan UU Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka meminta syarat usia Capres/Cawapres diubah dari tidak terbatas diubah menjadi maksimal 70 tahun. ” Untuk itu, pada hari ini, 18 Agustus 2023, bertempat di gedung Mahkamah Konstitusi, merupakan hari yang bersejarah dalam perjalanan demokrasi bangsa Indonesia yang untuk selanjutnya dinamakan sebagai Jum’at Glory ” demikian Keterangan Pers Aliansi ’98 itu.

Lewat keterangan persnya, Aliansi ’98 memberikan alasan argumentasinya, ” Memiliki presiden yang mempunyai kemampuan secara fisik, psikologis, dan moral yang stabil (secara rohani dan jasmani) sehingga presiden yang terpilih merupakan sosok pemimpin yang produktif dalam menjalankan kinerjanya. Untuk itu, batas usia maksimal calon presiden pada Pemilu 2024 harus negara (melalui Mahkamah Konstitusi) tetapkan dengan ketentuan paling tinggi 70 tahun pada proses pemilihan presiden ” tandasnya.

Informasi terkait adanya pengajuan gugatan batas usia maksimal ke MK diaminkan oleh Kepala Biro Hukum Administrasi dan Kepaniteraan (Kabiro HAK) MK Fajar Laksono. Menurut Fajar, permohonan-permohonan terkait batas usia capres-cawapres yang diterima oleh MK ada yang terkait batas usia maksimal capres-cawapres.

” Ada yang minta (usia minimal) bukan 40 (tahun) tapi ada yang minta 21. Ada yang minta 30. Ada yang minta 40 dan berpengalaman sebagai penyelenggara negara. Ada yang minta 40 berpengalaman sebagai kepala daerah. Ada yang minta 25 tahun. Kemudian yang baru masuk permohonannya malah batas maksimalnya. Jadi memang secara umum mempersoalkan usia, tapi beragam-ragam petitumnya itu. Ada yang minta 21, 25, 30, 35, dan seterusnya ” pungkas Fajar (Selasa, 22/08/2023).

Menurut Kabiro HAK MK itu, salah satu permohonan yang terkait usia maksimal adalah 70 Tahun. ” Saya kira ada 70 tahun ya. Itu yang salah satu yang belum diregis ” tandasnya.

Terkait usia maksimal, lanjut Fajar, terdapat tiga permohonan yang sudah berada di bagian pengajuan permohonan:

1. Perkara ditulis dengan nomor AP3: 101/PUU/PAN.MK/AP3/08/2023 yang diajukan oleh Rio Saputro, Wiwit Ariyanto, dan Rahayu Fatika Sari sebagai pemohon. Lalu, Aliansi ’98 Pengacara Pengawal Demokrasi dan HAM sebagai kuasa hukum. Gugatan diterima MK pada 18 Agustus 2023. Pemohon ingin MK menyatakan batas usia maksimal capres-cawapres menjadi 70 tahun pada proses pemilihan;

2. Perkara ditulis dengan nomor AP3: 102/PUU/PAN.MK/AP3/08/2023 yang diajukan oleh Soefianto Soetono dan Imam Hermanda sebagai pemohon. Gugatan diterima MK pada 18 Agustus 2023. Pemohon ingin MK menyatakan batas usia maksimal capres-cawapres menjadi 70 tahun;

3. Perkara ditulis dengan nomor AP3: 103/PUU/PAN.MK/AP3/08/2023 yang diajukan oleh Rudy Hartono sebagai pemohon. Gugatan diterima MK pada 18 Agustus 2023. Pemohon ingin MK menyatakan batas usia maksimal capres-cawapres menjadi 70 tahun.
(Rizky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.