504 views

TIM SAR Gabungan Cilacap Berhasil Evakuasi Warga Yang Diduga Ingin Bunuh Diri Dari Tower Setingi 73 M

CILACAP-LH: TIM SAR (Search And Rescue) Pemda Cilacap berhasil menyelamatkan seorang Pria (27 Tahun) bernama Bayu Sutikno yang melakukan percobaan bunuh diri dengan memanjat Tower Telkomsel setinggi 73 Meter di Desa Kesugihan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap pada Jum’at Sore (04/11/2022).

Informasi awal diterima dari Guruh (SAR Cilacap) sekitar pukul 16.02 WIB; bahwa telah terjadi Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) 1 (satu) orang pria melakukan percobaan bunuh diri. Sebelumnya sudah dilakukan pendekatan oleh warga sekitar agar survivor tidak melanjutkan naik ke atas tower. Namun upaya tersebut tidak berhasil sehingga pelapor meminta bantuan untuk dilakukan pertolongan oleh tim SAR gabungan.

Berdasarkan laporan tersebut, akhirnya Satu Tim Rescuer dari Kantor SAR Cilacap diberangkatkan Rescue Truck Compartment menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan pertolongan kepada survivor.

Diketahui survivor bernama Bayu Sutikno (L/27th) warga asal Palembang yang tinggal di Pondok Pesantren Ar Ridwan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Terkait kejadian ini, Kasubsi Operasi dan Siaga Satrio Nurridanto membenarkan kejadian tersebut. “ Pada pukul 19.40 Wib, tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi survivor dalam keadaan selamat. Selanjutnya survivor di evakuasi ke komplek Pondok Pesantren Ar Ridwan Kecamatan Kesugihan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Puskesmas Kesugihan ” pungkas Satrio (Jum’at, 04/11/2022).

Adapun kendala yang dihadapi oleh Tim SAR Gabungan adalah angin yang cukup kencang, evakuasi survivor dalam tempat yang berbahaya, serta saat dibujuk oleh Tim Rescue dengan cara pendekatan secara persuasive mengalami sedikit kesulitan. Namun akhirnya survivor berhasil dibujuk untuk turun dari tower.

Tim SAR gabungan yang terlibat diantaranya Basarnas Kantor SAR Cilacap, Polsek Kesugihan, Koramil Kesugihan, Puskesmas Kesugihan, Peranagkat Desa Setempat, SAR Cilacap, Cilacap Rescue, Relawan Damkar, Keluarga dan Masyarakat setempat. (Nurfitriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.