865 views

Waspadai “Hepatitis Akut” Dinkes Labuhanbatu & LPA Labuhanbatu Lakukan Kolaborasi

LABUHANBATU-LH: Dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id bahwasanya penyakit Hepatitis Akut yang sedang melanda dunia diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini. Kementerian Kesehatan sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit ini.

Meski belum diketahui pasti penyebab penyakit Hepatitis Akut pada Anak , Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI menyebutkan bahwa dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV. Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan (Jakarta, 05 Mei 2022).

Perihal ini awak media liputanhukum.com dan indonesiasatu.co.id melakukan penelusuran ke pihak terkait yakni Dinas Kesehatan Labuhanbatu untuk menggali informasi sudah sejauh mana tindak lanjut atas penyakit misterius tersebut (Hepatitis Akut). Kadis Kesehatan Labuhanbatu H. Kamal Ilham SKM, MKM ketika diwawancarai mengungkapkan Instansi Dinkes Labuhanbatu telah menerima surat Rujukan dari Kemenkes RI Ke Propinsi tentang serangan Hepatitis Akut Yang Mematikan yang masih misterius.

“Di Kabupaten Labuhanbatu belum ada ditemukan pasien yang mengidap Hepatitis Akut yang mematikan tersebut, tetapi kita melakukan pencegahan berupa memberikan himbauan melalui penggiat-penggiat kesehatan, aktivis kesehatan, Media sosial, Radio, Spanduk-spanduk di pusat kota dan seluruh desa/kelurahan, ungkap Kamal Ilham (Selasa, 10/05/2022).

“Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu tidak boleh panik dengan adanya informasi serangan Penyakit Hepatitis Akut yang masih misterius di Indonesia, Kita mengajak masyarakat agar hidup dengan pola PBDS (Prilaku Bersih Dan Sehat) ” terang Kadinkes Labuhanbatu.

Masih dalam keterangannya “ bilamana nantinya hadir di Kabupaten Kita serangan Hepatitis Akut maka gejala dan ciri-cirinya ada demam, pegal linu, persendian linu-linu, pusing, muntah-muntah dan BAB Mencret. Kita masih menunggu saat ini dari hasil Laboratorium tentang adanya Hepatitis Akut yang masih misterius ini. Apakah Penyakit ini dasarnya dari Binatang atau apapun, intinya kita masih menunggu informasi dari Kemenkes RI, Kepada masyarakat tidak boleh ada rasa takut dengan adanya informasi Serangan Hepatitis Akut tersebut. Nantinya serangan Hepatitis Akut tersebut Hadir di Daerah Kita dengan keadaan darurat, maka Instansi kita akan melakukan membuka Posko-posko dalam penanganan permasalahan ini ” jelas orang nomor satu di Dinas Kesehatan Labuhanbatu itu.

“Ingat, serangan Hepatitis Akut yang mematikan ini menyerang bukan anak-anak saja tetapi orang dewasa dan para orang tua bisa juga terdampak, maka dari itu mari kita jaga pola hidup sehat ” tutup Kamal mengakhiri wawancara.

Ditempat terpisah salah satu Lembaga respon cepat dan aktip terhadap informasi beredar mengenai penyakit Hepatitis Akut tersebut yakni Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Labuhanbatu, Bung M. Azhar Harahap selaku ketua LPA Labuhanbatu menyampaikan telah mendapatkan Surat Edaran dari Komnas Perlindungan Anak/LPA Pusat dengan nomor : 084/Komnaspa/V/2022 tentang Seluruh LPA yang ada Di Nusantara agar berkoordinasi kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kabupaten/Kota dalam hal untuk mengantisipasi dan bergerak cepat mengatasi Serangan Misterius Hepatitis Akut.

“ Komnas PA/LPA Pusat memerintahkan seluruh perwakilan LPA didaerah segera mendirikan Posko Penanganan Darurat Hepatitis Akut misterius bagi anak Indonesia. Atas dasar surat edaran dari Komnas PA/LPA Pusat, LPA Kabupaten Labuhanbatu respon aktip langsung berkoordinasi dengan Kadiskes Labuhanbatu, untuk segera menyikapi dalam penanganan Darurat Hepatitis Akut tersebut ” timpal Ketua LPA Labuhanbatu (Selasa, 10/05/2022).

” Tujuan dari pendirian Posko Hepatitis Akut Misterius itu sebagai tempat pertolongan cepat sekaligus memberikan informasi yang akurat mengenai Hepatitis Akurat Misterius yang mematikan itu, juga memberikan penerangan kepada masyarakat tentang gejala, ciri-ciri yang harus diwaspadai dengan cara mencegahnya serta intervensi kritis ” tandas Azhar (Selasa, 10/05/2022).

“ Diminta kepada orang tua agar melakukan pola hidup sehat yaitu, membersihkan lingkungan, cuci tangan, pola makan, dan menjauhkan binatang kesayangan dari anak-anak kita agar anak-anak kita sehat jauh dari serangan Hepatitis Akut yang mematikan tersebut ” tambah Ketua LPH Labuhanbatu.

Sangat perlu kita ketahui Hepatitis akut itu merupakan kondisi peradangan pada liver. Secara umum hepatitis dibagi menjadi dua kelompok, yaitu akut dan kronis, berdasarkan lamanya peradangan dan akibat yang ditimbulkan gangguan hati. (Afdillah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.