825 views

Hampir Semua Masjid Besar Di DKI Jakarta Selenggarakan Shalat Idul Fitri Kecuali Istiqlal

JAKARTA-LH: Menurut pantauan dan informasi yang berhasil dihimpun oleh Wartawan LH (liputanhukum.com) bahwa hampir semua Masjid Besar yang ada di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta kecuali Masjid Istiqlal Pada Hari ini (Kamis, 13/05/2021-Red) melaksankan Shalat Idul (Fitri 1442 H – 2021 M). Hal ini dibenarkan juga oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta KH Makmun Al Ayyubi. ” Hampir semua dan belum ada laporan sampai saat ini yang tidak jadi melakukannya. Karena memang mereka sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, ketika memang udah diperbolehkan Salat Jumat, tarawih dan lainnya ” pungkas sebgaiaman dilansir Antara (Kamis, 13/05/2021-Red).

Menurut Makmun bahwa yang penting adalah menjaga Protokol Kesehatan saat melaksanakan Shalat Id tersebut. Hal ini sesuai Seruan Gubernur Jakarta Anies Baswedan bahwa selain mengikuti Prokes, juga tidak boleh melebihi 50 % Kapasitas Masjid yang bersangkutan.

Selain ketentuan tersebut, sesuai seruan Gubernur Anies bahwa Jamaah yang diperbolehkan hanya Warga terdekat sekitar Masjid yang bersangkutan. ” Rata-rata buat Shalat Id, tapi tetap kita perketatlah Prokesnya. Jangan sampai nanti melanggar dan setelah Idul Fitri jangan sampai ada kluster-kluster baru ” lanjut Ketua DMI DKI Jakarta itu menjelaskan.

Selain memperketat Prokesnya, menurut Makmun, juga dilakukan kerja sama dan koordinasi antara DKM Masjid yang bersangkutan, Pimpinan DMI, dengan Pihak Aparat terkait agar turut mengawasi pelaksanaannya jangan sampai melanggar aturan yang ada.

Beberapa Jalan Raya sekitar Masjid yang melaksanakan Shalat Idul Fitri, tampak ditutup sementara sekitar kurang lebih 1 Jam. Misalnya, Jalan Enim Raya Jakarta Utara ditutup sementara selama salat Idul Fitri berjemaah di Masjid Raya Al Husna Tanjung Priok. Tampak Tim Gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP menjaga akses jalan yang ditutup sementara tersebut dari Pukul 06.30 – 07.30 WIB.

Demikian pula Akses Jalan menuju Masjid Jakarta Islamic Center Koja Jakarta Utara. Tampak Para Jama’ah Shalat Id menerapkan Prokes dengan tetap menggunkan masker saat shalat Id. Mereka juga menjaga jarak serta hanya menampung 50 % dari kapasitas Masjid tersebut.

Masjid Agung Al-Azhar yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan juga melaksankan Shalat Id. Lapangan Masjid tersebut menjadi tempat dilaksankannya Shalat Id. Diperkirakan Para Jama’ah Shalat Id yang hadir mencapai 7.000 Orang yakni sekitar 50 % dari Kapasitas Lapangan Masjid ini. Tampak Ribuan Jama’ah tersebut tetap menerapkan Protokol Kesehatan dengan menerapkan 3M guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Jalan Utama sekitar Masjid Agung Al-Azhar tampak juga ditutup sementara dan kembali dibuka setelah Pukul 07. 40 WIB. Demikian pula Masjid-Masjid Besar lainnya yang ada di Jakarta (Pusat, Timur, Selatan, Utara, dan Barat) melaksankan Shalat Id yang semuanya selesai sekitar Pukul 07.30 WIB.  (Dame-Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.