806 views

KKB PAPUA RESMI DINYATAKAN SEBAGAI ORGANISASI TERORIS

JAKARTA-LH: Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua resmi dinyatakan sebagai Organisasi Teroris. Hal ini disampaikan Pemerintah RI melalui Menko Polhukam Mahfud MD. ” Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris ” tegas Mahfud MD dalam Konferensi Pers yang diunggah di Kanal Youtube Kemenko Polhukam (Kamis, 29/04/2021).

Adapun dasar pelabelan sebagai Organisasi Teroris terhadap KKB, menurut Mahfud MD, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas UU Nomor 15 Tahun 2003 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi UU.

Lebih lanjut Menko Polhukam itu memaparkan, bahwa mereka yang dikatakan teroris adalah siapa pun yang merencanakan, menggerakkan, dan mengorganisasikan terorisme. Adapun terorisme sendiri adalah setiap perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas. ” Yang dapat menimbulkan korban secara massal atau menimbulkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek vital yang strategis terhadap lingkungan hidup, fasilitas publik atau fasilitas internasional dengan motif ideologi, politik, dan keamanan ” pungkas Mahfud.

Sejalan dengan pernyataan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo serta Sejumlah Pimpinan Instansi serta Lembaga Negara Lainnya, lanjut Mahfud, yang menyatakan bahwa KKB telah melakukan kekerasan secara brutal dan masif.

Selain itu, Mahfud menjelaskan, bahwa tidak sedikit Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pemerintah Daerah, dan DPRD di Papua yang selama ini sudah mendatangi Kantornya yang meberikan dukungan kepada Pemerintah RI. ” Dukungan kepada Pemerintah Indonesia untuk melakukan tindakan yang diperlukan guna menangani tindak kekerasan yang muncul belakangan ini di Papua ” ujar Menko Polhukam itu.

Sebagaimana diketahui, bahwa belakangan ini intensitas kekerasan yang tidak berperikemanusiaan semakin gencara dilakukan oleh KKB Papua. Bukan hanya sekedar teror, tetapi pembunuhan secara brutal dan sadis mereka lakukan secara terus menerus termasuk kepada Masyarakat Sipil bahkan Anak Sekolah dan Perempuan yang tidak berdosa. (Dessy/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.