244 views

PEMIMPIN TELAH TERPILIH

Oleh:

**drg. Alisyah Putra Harahap
Mantan Ketum HMI Koms FKG USU Medan

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN telah diterima Semua Cabang yang ada di Indonesia Pada Kongres Ke XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), rasa merdeka habis-habisan yang selama ini menerima Formatur dari Peserta Kongres. Banyak kenangan, mulai kenangan manis sampai kenangan pahit, begitu yang dirasakan seorang Formatur yang terpilih.

Menjadi Formatur (Ketua Umum) di Organisasi Mahasiswa di Luar Kampus adalah investasi dalam bentuk sosial, politik yang nanti bisa menjadi bargaining tersendiri baik bargaining position dan substansial yang pada akhirnya punya potensi sosial dan politik di dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Sebaliknya, Formatur yang terpilih menjadi momentum untuk menggali potensi diri aktual yang akan menjadi modal dasar untuk masa depan Negara dan Bangsa. HMI dikenal dengan keyakinan yang luar biasa untuk mencapai mimpi-mimpi indah dalam kehidupan (Yakin Usaha Sampai). Motto inilah sumber motivasi dari aktualisasi program kerja yang telah direkomendasikan pada Rapat Kerja Kepengurusan pada level tingkatan organisasi.

Yakin Usaha Sampai Ini, yang membuat semua kader terinspirasi dalam kehidupan sehari-hari sesudah selesai jadi pengurus organisasi atau jadi alumni. Ditambah kebebasan dalam mengadopsi pemikiran sehingga kader HMI jadi kaya wacana, kaya akan opini, jitu melakukan rancangan momen politik, bahkan tidak sedikit kader HMI bisa mengkondisikan terciptanya momen politik. Sehingga imbasnya, Para Kader yang lain ter-upgrade ke level tertentu. Akibatnya, terciptalah Bargaining Substansial dan Bargaining Position yang mempunyai potensial politik. Ini yang menyebabkan Para Alumni bertebar jadi Orang Besar di Republik Indonesia tercinta ini.

Kepada Adik-Adik Kami, yang diamanahi jadi pengurus baik di Tingkat Komisariat sampai Pengurus Besar, harus fokus berproses, jangan jadikan beban tapi jadikan peluang. Banyak di luaran sana Mahasiswa tidak dapat berproses untuk bagian dari Keluarga Besar HMI. Kesempatan tidak datang dua – tiga kali, yakin usaha sampai itu. Yang perlu, kita instal di otak alam bawah sadar kita. **

Tulisan ini merupakan **Disclaimer : Kanal Opini adalah Media Warga. Setiap Opini di kanal ini menjadi tanggung jawab Penulis. Jika ada Pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai Aturan Pers bahwa Pihak tersebut dapat memberikan Hak Jawabnya kepada Penulis Opini, dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *