383 views

Antisipasi Tudingan Kriminalisasi, Kapolri Janji Akan Selektif Menerapkan UU ITE

JAKARTA-LH: Menindaklanjuti Pernyataan Presiden yang membuka ruang untuk kritik dan saran, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa Polri dengan seluruh jajarannya akan selektif dalam menerapkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). ” Dalam rangka untuk menjaga agar penggunaan pasal-pasal yang dianggap pasal karet di dalam UU ITE yang ini tentunya berpotensi untuk kemudian digunakan untuk melaporkan atau saling lapor atau lebih dikenal dengan istilah mengkriminalisasikan dengan UU ITE ini, bisa ditekan dan dikendalikan ” pungkas Jenderal Listyo Sigit setelah selesaimengikuti Rapim TNI-Polri 2021 di Mabes Polri Jakarta Selatan (Senin, 15/02/2021-Red).

Sikap ini sejalan dengan pernyataan Presiden sebelumnya yang menyatakan bahwa agar dalam penerapan UU ITE itu jangan justru menimbulkan rasa ketidak adilan. “ Saya paham UU ITE ini, semangatnya adalah untuk menjaga ruang Digital Indonesia agar bersih, agar sehat, agar beretika, dan agar bisa dimanfaatkan secara produktif. Tetapi, implementasinya, pelaksanaannya jangan justru menimbulkan rasa ketidakadilan. Oleh karena itu, Saya minta kepada Kapolri agar Jajarannya lebih selektif, sekali lagi lebih selektif men-sikapi dan menerima pelaporan pelanggaran UU ITE “ tegas Presiden Joko Widodo yang diunggah di berbagai Channel You Tube.

Pada kesempatan itu, Kapolri juga menyampaikan bahwa Pihaknya akan lebih mengedepankan edukasi dan upaya persuasif dengan langkah-langkah yang bersifat Restorative Justice, sehingga penggunaan ruang Siber dan Digital bisa berjalan dengan baik. Namun demikian tambahnya, Pihaknya juga mengingatkan Warganet agar tetap mematuhi Aturan serta Etika yang berlaku dalam Bermedia Sosial.

” Undang-Undang ITE juga menjadi catatan untuk ke depan betul-betul bisa dilaksanakan Penegakan Hukum Secara Selektif dengan mengedepankan edukasi, mengedepankan sifat persuasi, dan kemudian kami upayakan untuk langkah-langkah yang bersifat Restorative Justice ” ujar Mantan Kabareskri Mabes Polri itu di sela-sela Rapim TNI-Polri Tahun 2021 yang bertema ‘Dilandasi Profesionalisme, Soliditas dan Sinergitas TNI Polri Siap Mendukung Penanggulangan Paripurna COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju Indonesia Maju’ . (Dessy/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *