453 views

GAWAT ! Indonesia Resmi Tolak WNA Sejak 1 Januari 2021 Menyusul Adanya Varian Baru Covid-19 “STRAIN”

JAKARTA-LH: Untuk mengantisipasi Penyebaran Virus Baru Covid-19 yang bernama STRAIN, Pemerintah Indonesia resmi menolak semua Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia. Kebijakan ini efektif mulai diberlakukan terhitung sejak Tanggal 1 Januari 2021 sampai 14 Januari 2021. Hal ini diumumkan Pemerintah RI secara resmi melalui Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi Pada Hari ini (Senin, 28/12/2020-Red). ” Menyikapi hal tersebut, Rapat Terbatas Tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk Menutup Sementara. Saya ulangi, untuk Menutup Sementara dari Tanggal 1 Sampai 14 Januari 2021 masuknya Warga Negara Asing atau WNA dari Semua Negara ke Indonesia ” pungkas Retno dalam Jumpa Pers (Senin, 28/12/2020-Red).

Menurut Retno, Keputusan itu diambil dalam Rapat Terbatas (Senin, 28/12/2020-Red) yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. Reno menambahkan bahwa untuk WNA yang tiba di Indonesia Pada Hari Ini (28/12/2020-Red) sampai Tanggal 31 Desember 2020, maka diberlakukan aturan sesuai ketentuan dalam Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020.

Adapun isi dari Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tersebut adalah:
1. Pertama, WNA menunjukkan Hasil Negatif melalui Tes RT-PCR di Negara Asal yang berlaku Maksimal 2 X 24 Jam sebelum Jam Keberangkatan. Selain itu, yang bersangkutan juga wajib melampirkan surat tersebut pada saat Pemeriksaan Kesehatan atau e-HAC Internasional Indonesia;
2. Kedua, setibanya di Indonesia, setiap WNA harus melakukan Pemeriksaan Ulang RT-PCR. Apalabila hasilnya Negatif, WNA itu masih tetap harus Karantina selama 5 Hari Sejak Tanggal Kedatangannya.

Retno menegaskan, ” setelah Karantina 5 Hari, kembali melakukan Pemeriksaan Ulang RT-PCR dan apabila Hasil Negatif maka Pengunjung diperkenankan meneruskan perjalanan ” ujar Menlu Indonesia tersebut.

Masih menurut Retno Marsudi, bahwa Kebijakan Penutupan Sementara itu dikecualikan bagi Kunjungan Resmi Pejabat Setingkat Menteri Ke Atas. Untuk Pejabat Negara Asing setingkat Menteri ke Atas masih diperboleh dengan tetap menerapkan Prokes yang ketat. ” Penutupan Sementara perjalanan WNA ke Indonesia dikecualikan bagi Kunjungan Resmi Pejabat Setingkat Menteri Ke Atas dengan penerapan Protokol Kesehatan yang sangat ketat ” ujar Retno.

Selain itu, Retno juga menjelaskan bahwa sesuai Pasal 14 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, Warga Negara Indonesia WNI) tetap diizinkan kembali ke Tanah Air. Namun, tambah Retno, perlakuannya sama dengan terhadap WNA yakni WNI yang bersangkutan wajib menunjukkan Surat Hasil Tes PCR dari Negara Asal, kemudian akan dikarantina 5 Hari, serta kembali Mengikuti Swab.

Pertengahan Desember 2020 ini, Dunia kembali dikejutkan dengan kemunculan Varian Baru COVID-19 yang diberi nama STRAIN. Virus Varian Baru Corona ini muncul dan terdeteksi pertama kali di Inggris. Menurut Para Ahli, bahwa Varian Baru STRAIN ini jauh lebih cepat penularannya dibanding dengan Covid-19 yang berasal dari Wuhan RRT.

Dilansir dari Majalah Science Edisi Minggu (27/12/2020-Red), bahwa Nama Varian Baru Virus Corona COVID-19 itu adalah SARS-CoV-2 STRAIN B.1.1.7. Sebuah Versi Virus dengan 23 mutasi, dan 8 di antaranya berada dalam Spike Protein yang digunakan Virus untuk mengikat dan memasuki Sel Manusia.

Masih menurut Majalah Science, bahwa sebenarnya STRAIN Pertama kali terdeteksi adalah 21 September di Kent County-Inggris, kemudian menyebar pada November 2020. Hal ini juga diakui oleh WHO. Sejak saat itulah, STRAIN sudah menjadi Varian Paling Umum di Inggris mewakili lebih dari 50 persen kasus baru yang didiagnosis antara Oktober dan 13 Desember 2020. (Fahdi/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *