450 views

Jaga Keberlangsungan Alam, Pemdes Suka Makmur Ciptakan Perdes Lingkungan

MUSI RAWAS-LH: Demi keberlangsungan Ekosistem Alam dan untuk anak cucu nanti Pemerintah Desa Suka Makmur, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas, membentuk Peraturan Desa (Perdes) tentang lingkungan yang menyasar penggunaan putas untuk sungai dengan ancaman dan hadiah. Hal ini terungkap, ketika Kepala Desa Suka Makmur Wancik saat diwawancarai di Kantornya, Rabu (17/06/2020-Red).
Menurut Wancik, selaku Kades dan juga Ketua Persatuan Herbalis Se-Sumsel ini mengatakan ” untuk pelapor yang bisa mengungkapkan kegiatan Putas Sungai baik Sungai Kecil maupun Sungai Besar akan kami berikan hadiah sebesar Rp 3 Juta untuk kerahasiaan pelapor kami jamin “ pungkas Sang Kades.

Menurutnya, kelestarian alam khususnya sungai mengacu pada UU Tentang Lingkungan Hidup sehingga kami Pemdes Desa Suka Makmur perlu membuat Perdes No. 41 Tahun 2015 Tentang Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan yang diakibatkan oleh tindakan individu maupun kelompok baik disengaja maupun tidak disengaja yang menggunakan Obat/Racun maupun Alat yang mengakibatkan rusaknya ekosistem di darat maupun di sungai, maka akibatnya akan dikenakan sanksi serta undang-undang lingkungan hidup. “ Kesemua pelanggaran tersebut yang tercantum pada Pasal Lll Butir (A) Tentang Kerusakan Lingkungan Hidup dan Alam Sekitar ” ungkapnya.

Tahapan-tahapan yang diambil jika terjadi pelanggaran tersebut ialah “ Pemdes akan memberikan peringatan pada pelaku dengan perjanjian diatas materai dengan mengundag pelaku dan keluarganya dan apabilah masih diulangi maka akan di jerat dengan pasal perdes serta dan UU lingkungan hidup ” ucap wancik.

“ Ini demi menjaga Kelestarian Ekosistem Alam tepatnya di Desa Suka Makmur agar anak cucu kita bisa menikmati warisan kita, selain itu juga demi untuk mendukung kepada warga yang suka memancing tradisional “ tambah Kades Wancik.

Untuk selanjutnya, Pemdes Suka Makmur mengharap kepada warga masyarakat mari hidup berdampingan dengan alam karena alam merupakan sumber kehidupan kita. ” Mari kita mulai dari hal yang kecil dulu, berikan yang terbaik kepada alam sekitar dengan begitu alam pun akan memberikan yang terbaik untuk kita ” tutup Kades Wancik dalam wawancaranya dengan Wartawan LH. (Epran/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.