678 views

Mau Kaya ??? Ayok Berwirausaha. Solusi Pengganguran Harus Berwirausaha

RANTAUPRAPAT-LH: Universitas Islam Labuhanbatu ( Unisla) menggelar Seminar Kewirausahaan dengan Tema “ Membangun Mindset Generasi Milenial Terhadap Peluang Wira Usaha ” di Kampus Unisla Jl.H.M Yunus Padang Bulan Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu (Sabtu (12/10/2019-Red)

Acara dihadiri Rektor Unisla Dra.Annim Hasibuan,M.Pd, Pembantu Rektor I Drs. Abdul Manan Ritonga, SE, M.AP, Dekan Fakultas Ekonomi Muhammad Ali Al-Ihsan, SE, M.Si, Dekan Fkip Drs. Al-Uzai Hasibuan, MM, Ka. Prodi Managemen Dr.Mukhrizal Effendi, M.SP, Ka. Prodi Akutansi Riana Sitio, SE, M.Ak, Gargaran Siregar, SE, M.Si para Dosen ekonomi dan Akademika Unisla. Adapun Peserta seminar adalah dari mahasiswa-mahasiswi Unisla.

Acara Seminar Kewirausahaan ini di buka oleh Rektor Unisla Dra. Annim Hasibuan, M.Pd, diwakili oleh PR I. Drs. Abdul Manan Ritonga, SE, M.AP dan dalam sambutannya menggungkapkan, “ Dengan adanya seminar ini diharapkan akan muncul enterprenuer baru sebagai penopang ekonomi kerakyatan di Kab.labuhanbatu “.

Pembicara/pemateri Seminar adalah Nanang Wahyudi Tan, SE, Asrul Azis, SE, dan Jackson Simangungsong,SH.

Nanang Wahyudi Tan, SE memaparkan materi Kewirausahaan dalam seminar menjelaskan ” didalam melaksanakan usaha harus yang pertama Brending atau Logo harus di utamakan seperti contoh merk adidas telah terkenal dengan brending sepatu sepak bola. Kedua psikologis alam sadar kita, dengan mindset yang positif sehingga menghasilkan hasil wirausaha yang positif/berkembang dan maju. Selanjutnya, usaha harus ada inovasi dan harus memiliki strategi agar usaha berkesinambungan.

Sedangkan Pemateri dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Labuhanbatu, Drs. Taufik Siregar yang diwakili oleh Jackson Simangungsong, SH menjelaskan,” Dalam Berwirausaha harus memiliki potensi dan wawasan yang luas terhadap pasar produksi, harus mampu membangun komunikasi, menjalin hubungan baik dengan wirausahawan di sekeliling kita, sehingga sinergisitas antar sesama pengusaha tercipta, guna menghindari persaingan tidak sehat dalam berusaha. Saat ini, Dinas Koperasi dan UKM telah membangun kelompok usaha UKM dan berjalan dengan baik, hal ini demi menopang perekonomian usaha bagi masyarakat Labuhanbatu “.

Pemateri ketiga Asrul Azis, SE yang dikenal dengan Usaha Bolu Kampung “ Ika La Iya ” menuturkan ” untuk sukses menjadi Wirausahawan dengan metode bergaul dengan orang sukses, diskusi dan lihat fashion yang trendi dikembangkan ide kreatif untuk usaha yang akan dibuat dan harus ahli di usaha tersebut serta wajib menekuninya.

Ditempat yang sama, Henky Japina, SE, M.Si selaku Dosen Pengampu Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Unisla, menuturkan, ” Selama ini mahasiswa selalu menerima teori tentang konsep kewirausahaan di bangku kuliah, jadi dengan seminar ini di berikan sebuah paradigma tentang kewirausahaan yang berasal dari praktisi di bidangnya dan pemangku kebijakan yang diwakilkan oleh Dinas Koperasi dan UKM. Dengan diselenggarakannya seminar ini diharapkan akan muncul enterprenuer baru sebagai penopang ekonomi kerakyatan di Kabupaten Labuhanbatu,” katanya. (Anto BangunRed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.