558 views

KAMPANYE AKBAR YANG MENGGETARKAN SEHINGGA GBK MENJADI SAMUDERA MANUSIA

JAKARTA-LH: SUBHANALLAH…… samudera manusia membanjiri kawasan Gelora Bung Karno (GBK-Red) yang menjadi tempat Kampanye Akbar Prabowo-Sandi hari ini (Minggu, 07/04/2019-Red). Arena dalam lapangan terlihat penuh oleh para pendukung Prabowo-Sandiaga Uno. Tidak hanya di lapangan, para pendukung juga berada di tribune dan di luar stadion. Para peserta dari berbagai daerah bahkan dari luar Jakarta antusias datang ke Jakarta untuk menghadiri Kampanye Akbar hari ini. Mereka sudah sejak hari Sabtu (06/04/2019-Red) berdatangan dan menginap baik di Stadion GBK maupun menginap di Hotel sekitar GBK.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam kegiatan kampanye ini. Setibanya di lokasi, Anies berpelukan dengan cawapres Sandiaga Uno. Para pimpinan partai koalisi Prabowo-Sandi juga tampak di lokasi seperti Ketum PAN Zulkifli Hasan, Presdien PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri. Prof.Dr.Amien Rais, Syarif Hasan dari Partai Demokrat, Mbak Titik dari Partai Berkarya dan masih banyak lagi para tokoh Partai pengusung dan pendukung Prabowo-Sandi.

Tampak hadir juga Ketua Umum PA 212 Slamet Ma’arif, Ketua Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Al Khaththath, Ketua Umum FPI KH Ahmad Sobri Lubis, Raja Dangdut Rhoma Irama, Neno Warisman, Rizal Ramli, H. Lulung, Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, dan sederet tokoh-tokoh nasional lainnya.

Anak Proklamator Rahmawati Sukarno Putri juga tampak hadir pada acara akbar ini. Demikian pula anak-anak  dari Presiden Kedia RI Pak Harto seperti Mbak Tutut ( Siti Hardijanti Rukmana ) , Mbak Titik (Siti Hediati Hariyadi), dan Mbak Mamiek (Ir. Hj. Siti Hutami Endang Adiningsih, M.Si) juga hadir sebagai bentuk dukungan atas pencapresan Prabowo Subianto.

Tidak hanya didukung dan dihadiri Tokoh Islam, acara ini juga dihadiri dan didukung oleh tokoh-tokoh lintas agama. Pemimpin dan tokoh agama mewakili agama Kristen, Katolik, Buddha, dan Hindu turut hadir memberi dukungan kepada Prabowo-Sandiaga. Bahkan,tak hanya menyatakan dukungan, para pemimpin dan perwakilan berbagai umat beragama juga diberi kesempatan untuk memanjatkan doa untuk kemenangan Prabowo-Sandiaga sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Riuh tepuk tangan memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno, ketika masing-masing perwakilan berbagai umat beragama menyatakan dukungan mereka. Pdt.Benyamin Daniel Waroka hadir mewakili umat Kristen, sementara Haposan Batubara mewakili umat Khatolik. Sedangkan wakil umat Budha ada Erwanto turut hadir dan menyatakan dukungannya kepada Prabowo-Sandiaga.

Di sisi lain sebanyak 10 ribu personel keamanan bersiaga dalam rangka pengamanan kampanye akbar capres Prabowo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Polisi mengatakan situasi kondusif. “Total 10 ribu (personel) lebih sudah, gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah. Dari Polda (Metro Jaya) ya, dari TNI, dari Polri, dari Polri ada Brimob, personel Polda gabungan Polres,” jelas Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian Rishadi di SUGBK, Jl Pintu Satu Senayan, Gelora, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Minggu (07/04/2019-Red).
Arie menuturkan pihak keamanan telah mensterilisasi lokasi. Aparat memberlakukan pola pengamanan berlapis yaitu Ring I, Ring II dan Ring III. “(Situasi) masih kondusif. Pengamanan kita polanya sistem ring. Ada ring 1, yaitu tempat kegiatan, ring 2, di luar tempat kegiatan dan ring 3 di luar GBK,” ujar Arie

Acara dimulai sejak pukul 03.00 WIB yaitu pelaksanaan Sholat Tahajut bersama, Witir, Sholat Istikharah sampai Shalat Subuh berjamaah. Pada saat Shalat Subuh berjamaah Paslon 02 sudah hadir. Salat diimami oleh Ketum Front Pembela Islam (FPI) KH Ahmad Sobri Lubis. Setelah Sholat Subuh diteruskan dengan zikir berama. Tepat pukul 07.00 WIB Cawapres 02 Bapak Sandiada Uno memberikan orasinya diantaranya menceritakan pengalaman spiritual keliling Indonesia. “Saya haru biru, kita kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas dan kerja ikhlas 7 bulan ini. Ikhtiar terbaik kita tunaikan dan tadi sudah bermunajat, berdoa. Insyaallah, insyaallah penuh dengan keikhlasan. Kita berserah diri kepada Allah Yang Maha Kuasa. Walau banyak sekali tantangan, tapi sudah hadir lebih sejuta yang berkumpul di GBK. Ada? Insyaallah, kita hadirkan Indonesia menang, Indonesia adil, makmur, aamiin,” kata Sandiaga membuka pidatonya.

Sandi lantas menceritakan pengalamannya keliling lebih dari 1.500 titik di Indonesia. Menurutnya, itu merupakan perjalanan spiritual baginya dan juga Prabowo Subianto. “Saya melihat, dalam perjalanan 1.500 lebih kunjungan keliling Indonesia, perjalanan spiritual bagi Prabowo-Sandi, kami melihat masyarakat menginginkan perubahan, betul? Saat bermunajat tadi terbayang lintasan wajah-wajah penuh harapan atas perubahan,” kata Sandiaga. Dia lalu menceritakan tentang sosok-sosok yang ditemuinya selama kampanye. Ada beberapa nama yang disebut Sandi dalam pidatonya. “Bu Ida di Bali sampaikan beban listrik, listrik sekarang turun atau naik? Mahal katanya,” ucap Sandiaga. Dia berjanji akan menghadirkan solusi ekonomi bagi rakyat andai terpilih di Pilpres 2019.

Pukul 08.00 WIB Capres Prabowo Subianto membuka pidatonya. Prabowo menyebut ini merupakan rapat akbar terbesar dalam sejarah RI. “Saya sudah siapkan pidato yang tercatat, tapi nampaknya lebih baik saya bicara tanpa catatan. Saudara-saudara sekalian, tadi dilaporkan kepada saya oleh sekjen-sekjen koalisi Indonesia Adil Makmur, mereka orang-orang yang berpengalaman di bidang politik. Mereka mengatakan ini adalah rapat akbar politik terbesar dalam sejarah Republik Indonesia,” kata Prabowo di GBK, Jakarta, Minggu (07/04/2019-Red).
Prabowo menyebut dirinya sempat berkeliling menyapa pendukungnya di luar stadion GBK. Menurutnya, massa telah datang sejak belasan jam lalu. “Saya tadi keliling, saya kira puluhan ribu, kalau tidak ratusan ribu massa di luar tidak bisa masuk karena tempatnya terbatas. Luar biasa kehadiran kalian di sini semuanya. Saya kira saudara-saudara datang ke sini sejak tadi malam, banyak yang ikut salat subuh tadi. Saudara-saudara, saya rasa saudara-saudara ke sini untuk menyatakan sikap saudara-saudara sekalian. saya bersama Saudara Sandiaga Uno sudah hampir 8 bulan keliling Indonesia. Kami melihat, kami merasakan, kami bisa menangkap getaran hati rakyat Indonesia,” sebut Prabowo.

Lebih jauh, capres nomor urut 02 itu menyebut rakyat Indonesia tengah menanti perubahan. “Rakyat Indonesia sekarang ingin perubahan, rakyat Indonesia ingin perbaikan,” katanya. Capres 02 ini  menyatakan orang-orang yang menjadi peserta kampanye hari ini tidak diberi duit. Bahkan sebaliknya, massa inilah yang memberi duit ke Prabowo. “Saudara-saudara dikasih uang nggak ke sini? Bagaimana satu juta orang mau dikasih uang? Bahkan tadi saya di mobil saya yang dikasih uang oleh rakyat,” kata Prabowo. “Luar biasa kehadiran kalian di sini semuanya,” pungkasnya berapi-api.

Setelah Prabowo memberikan orasinya sekitar pukul 09.00 WIB Habib Rizieq Shihab memberikan orasinya langsung dari Arab Saudi. Selesai mendengarkan orasi dari HRS para peserta kampanye melantunkan lagu-lagu untuk paslon 02. Secara berangsur-angsur para peserta meninggalkan kawasan GBK secara tertib dan menjaga kebersihan di sekitar GBK. Menurut para peserta kampanye mereka dhimbau untuk membawa kantng plastic sebagai tempat sampah masing-masing supaya tidak mengkotori area GBK.

Kampanye Akbar yang berakhir Pukul 10:00 WIB ini diperkirakan dihadiri oleh jutaan orang baik yang berada di dalam Gedung GBK maupun yang berada diluar gedung karena tidak tertampung oleh Gedung GBK. Hal ini terlihat situasi di luar GBK yang membludak sampai ke jalan-jalan.  (Raza H/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.