288 views

KPK Periksa Gubernur Papua Lukas Enembe Di Kediamannya Selama 1,5 Jam

LIPUTANHUKUM.COM: Gubernur Papua Lukas Enembe akhirnya berhasil diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kapasitasnya sebagai Tersangka di kediamannya di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. ” Pada kesempatan ini saya sampaikan kurang lebih 1,5 jam di kediaman Lukas Enembe kita telah melaksanakan kegiatan ” pungkas Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan di Jayapura (Kamis, 03/11/2022).

Menurut Firli, kedatangan KPK di kediaman Lukas Enembe dimulai dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Ada 4 dokter dari KPK yang didatangkan langsung untuk memeriksa kesehatan Lukas Enembe. ” Pertama memberikan pelayanan kesehatan kepada Lukas Enembe dengan menghadirkan 4 dokter dari kita ” jelas Firli.

Setelah itu, KPK melakukan pemeriksaan terhadap Lukas Enembe terkait kasus yang menjeratnya. Ketua KPK itu mengucapkan terima kasih kepada Lukas Enembe yang telah taat dan menjunung tinggi prosedur hukum. ” Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur dan keluarga di mana beliau sudah memberikan kesempatan dan menjalankan hak sebagai warga negara yang taat kepada hukum serta menjunjung tinggi prosedur hukum ” ujarnya.

Menurut Firli bahwa Lukas Enembe sudah memberikan keterangan kepada Pihaknya. ” Tadi Lukas Enembe sudah memberikan keterangan kepada KPK terkait dengan beberapa hal yang dibutuhkan oleh penyidik KPK ” tandas Firli.

Pada kesempatan itu, Firli mengatakan hal ini merupakan langkah maju dalam penegakan hukum yang berlandaskan hak asasi manusia. Dia menyebut KPK menjunjung tinggi asas-asas pelaksanaan tugas dan fungsi pokok (tupoksi) KPK. ” Ini adalah langkah maju dalam proses penegakan hukum yang berdasarkan penghormatan hak asasi manusia. Karena KPK di samping menegakkan hukum dan mempedomani serta menjunjung tinggi asas-asas pelaksanaan tugas pokok KPK baik itu untuk kepentingan umum, transparan, akuntabel, dan menjamin kepastian hukum dan keadilan serta terlaksananya hak asasi manusia ” tutup Firli. (Kiki/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.