864 views

Zoom Meeting Bersama Kapolda Sumut Dalam Rangka HARKAMTIBMAS Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H

LABUHANBATU-LH : Dalam rangka Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (HARKAMTIBMAS) menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 H (2021 M), Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Drs R.Z. Panca Putra S., M. Si melakukan silaturrahmi melalui Zoom Meeting dengan Polres Labuhanbatu.

Turut Hadir dalam pelaksanaan Silaturahmi melalui Zoom Meeting bersama Kapolda Sumut tersebut antara lain Wakapolres Labuhanbatu Kompol Muh. Taufik, SE, MH, Kakan Kemenag Kabupaten Labuhanbatu, Kasat Binmas AKP AR. MANURUNG, SH, Ketua KNPI, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Labuhanbatu H. Yursalim Nasution, Ketua PCNU Kabupaten Labuhanbatu M. Ali Azhar Samosir, S.Ag, Tokoh Lintas Agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu serta Ormas kepemudaan KBPPP Polri, Kupaz, Senkom, dan GNPF.

Silaturahmi ini dimaksudkan dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas guna menciptakan rasa aman, tertib tentram di Wilayah Hukum Polres Labuhanbatu khususnya saat menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H. Acara ini diselenggarakan Pada Sabtu (10/04/2021-Red).

Acara ini diawalai dengan Laporan Singkat dari Dir Binmas Polda Sumut Kombes Pol. Sofyan Hidayat, SIK yang menyampaikan, ” ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan ini. Kegiatan Tapka/Silaturahmi degan Tokoh Lintas Agama ini merupakan program Bapak Kapolri yang serentak dilaksanakan di seluruh Jajaran Polda Sumut dalam rangka mewujudkan Harkamtibmas menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H Thn 2021, Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi Prokes Covid-19 ” pungkas Kombes Sofyan Hidayat.

Acara dilanjutkan dengan Kata Sambutan Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Sumut yang diwakili oleh Arifin, S, Ag. Dalam sambutannya, Arifin menyampaikan ” Permohonan maaf Bapak Drs. H. Syahrul Wirda, MM Kepala Kementrian Agama Prov. Sumut tidak bisa hadir dikarenakan adanya tugas di Jakarta. Mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolda Sumut beserta Jajarannya yang telah hadir ditengah-tengah masyarakat dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Sumatera Utara ” ujarnya.

” Kegiatan Silaturahmi Antar Lintas Tokoh Agama ini, mudah-mudahan mendapat Ridho dari Allah SWT untuk tetap menjalin silaturahmi antar Tokoh Agama ke depannya lebih ditingkatkan lagi guna memupuk keharmonisan dan toleransi Antar Umat Bergama dalam bingkai NKRI ” tambah Arifin.

Selanjutnya adalah kata sambutan dari Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R.Z Panca Putra S., M.Si. Dalam kata sambutannya Kapolda Sumut itu menyampaikan, ” terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh Tokoh Lintas Agama dan Seluruh Undangan yang hadir dalam kegiatan Silaturahmi/Tapka dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas guna menciptakan rasa aman, dan tentram di Sumatera Utara menyambut bulan suci Ramdhan 1442 H atau Tahun 2021 ” imbuh Panca Putra.

Panca Putra menambahkan, ” Toleransi Antar Umat Beragama merupakan poin penting untuk saling menghormati perbedaan antar sesame, baik perbedaan suku, agama, maupun golongan karena tidak ada satu agama manapun yang mengajarkan kekerasan ” tambahnya.

” Polri, dalam hal ini Polda Sumatera Utara tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan Harkamtibmas ditengah-tengah masyarakat tanpa adanya peran serta dari Seluruh Tokoh Lintas Agama. Oleh sebab itu, agar Seluruh Tokoh Lintas Agama memberikan pemahaman kepada seluruh Jamaahnya masing-masing untuk saling hormat menghormati antar umat beragama ” tegas Irjen Pol Panca Putra.

Kapolda Sumut itu menghimbau agar bersama-sama menjaga kegiatan ibadah di Bulan Suci Ramadhan ini dengan tetap mengikuti Prokes yang ditetapkan Pemerintah. ” Mari kita bersama-sama menjaga kegiatan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan Tahun ini berjalan dengan aman dan kondusif. Oleh sebab itu, agar Seluruh Tokoh Lintas Agama untuk memberikan pemahaman kepada Jemaahnya untuk saling menghargai satu sama lain dan dalam setiap pelaksanaan kegiatan ibadah tetap mematuhi Prokes Covid-19 ” tungkasnya.

” Saat ini Polri sudah membuat Program menuju Transformasi PRESISI yang berkeadilan, Responsibilitas, Transparansi dan berkeadilan, dimana salah satunya dengan Moderasi Umat Beragama yg membangun Silaturahmi antar lintas tokoh Agama untuk bersama2 meningkatkan kesadaran masyarakat dalam toleransi antar umat beragama. Agar Tokoh Lintas Agama mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan Program Vaksinasi Covid-19 dan mematuhi Prokes Covid-19 ” papar Panca menghimbau.

Diakhir sambutannya, Kapolda Sumut itu menyampaikan Ucapan Selamat menunaikan Ibadah Puasa. ” Ucapan Selamat menjalankan Ibadah Puasa 1442 H Tahun 2021, Mohon Maaf Lahir dan Bathin ” tutupnya. (Hamdani/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.