278 views

Sederet Pejabat Tinggi Hingga Presiden Ucapkan SELAMAT ULANG TAHUN Sri Sultan HB X Yang Ke 75

YOGYAKARTA-LH: Hari ini (Jum’at, 02/04/2021-Red) merupakan hari yang paling bersejarah bagi Raja Keraton Yogyakarta Bendoro Raden Mas (BRM) Herjuno Darpito atau Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB-X) karena tepat pada Tanggal 2 April 75 Tahun Silam (1946) Raja Yogya ini dilahirkan oleh Seorang Ibu bernama RA Siti Kustina/ BRA Widyaningrum/ KRA Widyaningrum/ RAy Adipati Anum. BRM Herjuno Darpito dinobatkan menjadi Raja Keraton Yogyakarta Pada Tahun 1989 menggaantikan Sang Ayah Sri Sultan Hamengkubuwana IX sekaligus menjadi Sri Sultan Hamengkubuwana X.

Suami dari Tatiek Drajad Suprihastuti/ BRA Mangkubumi/ GKR Hemas ini kemudian diangkat menjadi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak Tahun 1998 dan menjabat sampai saat ini (23Tahun).

Pada Hari Ulang Tahunnya yang ke 75 ini, sederet Pejabat Tinggi Negara termasuk Presiden Joko Widodo turut menyampaikan Ucapan Selamat. Ucapan dari Orang Nomor 1 di Republik ini disampaikan melalui rekaman. ” Semoga Ngarso Dalem (Sultan) senantiasa diberi kesehatan dan kebijaksanaan dalam memimpin dan mengayomi masyarakat Yogyakarta “ ungkap Jokowi melalui rekaman itu (Jum’at, 02/04/2021-Red).

Selain Ucapan Selamat dari Presiden, Sejumlah Menteri dan Gubernur juga menyampaikan Ucapan Selamat Secara Online. Termasuk diantaranya Menkopolhukam Mahfud MD, Menko BUMN Erick Thohir, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mensesneg Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Dalam rangka menyemarakkan Perayaan Ulang Tahun ke 75 Raja Keraton Yogyakarta sekaligus sebaagai Bubernur DIY ini, Keraton pun menggelar Pameran Temporer Bojakrama yaitu berupa Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta di Kompleks Kedhaton, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Menurut informasi yang berhasil dihimpun Wartawan LH (liputanhukum.com) bahwa menurut rencanaya Pameran ini akan berlangsung selama 3 bulan ke depan. Tampak berbagai koleksi Keraton Yogyakarta turut dipamerkan dalam perhelatan ini. Termasuk diantaranya, berbagai peralatan makan dan minum sejak Sri Sultan HB Pertama. (Edy Suyatno/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *