202 views

BESOK, 177 Desa Se Kabupaten Karawang Akan Laksankan PILKADES Serentak

KARAWANG-LH: Pemungutan Suara secara langsung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serantak Se Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat akan dilaksankan Besok (Minggu, 21/03/2021-Red). Tampak persiapan sudah dilakukan oleh Panitia termasuk pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di berbagai penjuru Kabupaten Karawang.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun Wartawan LH (liputanhukum.com), Pilkades Serentak ini akan diikuti oleh 177 Desa dari 29 Kecamatan Se Kabupaten Karawang. Karena Pemungutan Suara dilaksanakn secara langsung (Ofline) dimana Warga Pemilih mendatangi TPS untuk menggunakan Hak Pilihnya, maka Pihak Pemerintah Daerah melaksanakannya dengan Protokol Kesehatan.

Terkait persiapan untuk giat Pilkades Serentak ini, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bersama Unsur Forkopimda telah menyelenggarakan Rapat Orientasi dengan Tema Sukses Tanpa Ekses Secara Virtual di Command Centre Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Karawang pada Kamis (18/03/2021-Red). Pada Rapat Orientasi Pelaksanaan Pilkades ini hadir Para Camat, Panitia Pilkades Tingkat Kecamatan hingga Desa, Panitia KPPS serta Calon Kades secara Virtual dari Kantor Kecamatan daerahnya masing-masing.

Pada kesempatan itu, Bupati Karawang Cellica menyampaikan bahwa Pelaksanaan Pilkades ini disamping perlu persiapan matang, juga harus mengikuti Prokes Covid-19 yang sudah ditetapkan Pemerintah. ” Suksesnya dalam pelaksanaan Pilkades nanti tidak lepas tetap mempedomani Protokol Kesehatan agar memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan tidak ada klaster baru ” pungkas Cellica dalam arahannya (Kamis, 18/03/2021).

Lebih lanjut, Bupati Cellica menjelaskan bahwa Pilkades Serentak Tahun ini (2021) akan diikuti 177 Desa yang disebar di 1990 TPS. Adapun Total yang memiliki Hak Pilih sebanyak 850.845 Orang.

Diperbanyaknya jumlah TPS diharapkan akan mengurangi waktu antrian sehingga kerumunan masyarakat yang akan menggunakan Hak Pilihnya tidak bertumpuk. Selain itu, upaya lainnya untuk mengurangi kerumunan adalah dengan mengatur ritme kedatangan para pemilih agar tidak menimbulkan penumpukan atau kerumunan massa.

Masih menurut Bupati Cellica, bahwa Pilkades Serentak Tahun ini diikuti oleh 530 Calon Kepala Desa, dan sudah dinyatakan lolos pada tahapan sebelumnya. ” Kami berharap tidak ada pihak yang merasa tidak puas karena penentuan Calon Kades sudah dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku ” tutup Cellica Nurrachadiana (Dewi/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *