784 views

Terungkap Anggaran Transport Bansos Covid-19, Kades dan Camat Panai Hulu Saling Lempar

LABUHANBATU-LH: Terungkap melalui Hasil Pemeriksaan Audit Inspektorat Labuhanbatu terbukti bahwa Anggaran Dana Penyaluran Transportasi Bantuan Sembako Covid-19 APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran (T A) 2020 telah disediakan dalam ABPD Provinsi Sumut.

Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Labuhanbatu atas Pengaduan Laporan Masyarakat Desa Meranti Paham terkait Dugaan Pungutan Liar (Pungli) dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 berupa Sembako yang berdalih untuk Biaya Transportasi (Selasa, 09/06/2020-Red) yang lalu. Kades Meranti Paham menerima Dana Transportasi dari Pemerintahan Kecamatan Panai Hulu sebesar Rp 1.078.000,00 (Satu Juta Tujuh Puluh Delapan Ribu Rupiah).

Anehnya…! Dana transportasi tidak merata disalurkan di Panai Hulu. Pasalnya, sebagian Desa tidak menerima Dana Transportasi Penyaluran Bantuan tersebut.

Kades Cinta makmur Ego wiharno, mengaku tidak menerima sejumlah Dana Transportasi dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) yang dimaksud. ” Kami tidak ada menerima Pak, nanti Saya tanyakan ke Pak Camat ” ujarnya (Kamis, 11/03/2021-Red).

Hal yang sama juga dialami Kepala Desa Perkebunan Ajamu Wahidin. Wahidin mengaku bahwa tidak ada menerima Biaya Transportasi dari Pemerintahan Kecamatan Panai Hulu. ” Desa Kami tidak ada Pak dapat Biaya Transportasi Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) berupa Sembako Covid-19 yang dari Provinsi Bang. Kami pakai Biaya Sendiri Bang “ ungkapnya (Kamis, 11/03/2021-Red).

Sementara, selain Desa Meranti Paham, Desa Jawi-Jawi juga menerima Dana Transportasi Bansos (Bantuan Sosial) Covid-19 Provinsi Sumut. ” Ada Pak menerima Dana Transportasi, tapi Saya lupa berapa jumlahnya ” jelas Sumarno Kepala Desa Jawi-Jawi Sumarno ( Kamis, 11/03/2021-Red).

Sementara itu, Camat Panai Hulu Kholik Lubis saat diminta penjelasan terkait Dana Transportasi mengaku telah menyalurkan nya ke Semua Desa. ” Semua Desa dapat dan sudah disalurkan Dana Transportasi Penyaluran Bantuan Sembako Covid-19 Provinsi Sumut dengan jumlah yang bervariasi melalui Pak Duar (Duarsyah) ” pungkas Camat Panai Hulu itu (Kamis, 11/03/2021-Red).

Duarsyah saaf dikonfirmasi Wartawan LH menjelaskan bahwa sudah dibagikan Dana Tranportasi kepada Semua Desa yang ada di Panai Hulu. ” Sudah diserahkan Pak dan ada Bukti Pemberian. Dalam penyerahan Orang Dua Kami, Saya dan Pak Luhut ” Jelasnya (Kamis, 11/03/2021-Red).

Setelah adanya pengakuan dari duarsyah, LH melakukan konfirmasi dan atau klarifikasi terhadap Luhut (Jum’at, 12/03/2021-Red). Luhut membenarkan telah menyerahkan Dana Transportasi Bantuan Sosial Sembako Covid-19 Provinsi Sumatera Utara. ” Sudah diserahkan, mungkin sudah lupa mereka semangkin kan lamanya. Terkait Bukti Penyerahannya belum bisa Pak. Karna itu berkasnya didalam Laci Pak Camat. Kunci sama Beliau. Hari Selasa Pak ” jkata Luhut menjelaskan (Jum’at, 12/03/2021-Red).

(Edi Syahputra Ritonga/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *