336 views

Ketua DPP KNPI Desak Kapolri Menindaklanjuti Proses Hukum Dugaan Rasisme Abu Janda

JAKARTA-LH: Wellem Ramandei sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP-KNPI) memastikan bahwa tidak akan mencabut Laporan Polisi terhadap Permadi Arya alias Abu Janda yang mereka buat ke Bareskrim Mabes Polri Pada 28 Januari 2021 Bernomor: STTL/30/I/2021/Bareskrim. DPP KNPI meminta agar Polri menindaklanjuti Proses Hukum Dugaan Rasisme yang dilakukan Abu Janda. ” Dasar Negara Kita Pancasila. Maka, tidak ada tempat bagi mereka yang menyuarakan kebencian kepada salah satu Ras Tertentu. Kami mengecam keras tindakan Rasis kepada siapa pun dalam bentuk apa pun ” pungkas Wellem Ramandei melalui keterangan tertulisnya (Jumat, 12/02/2021-Red).

Menurut Ketua DPP KNPI itu, Pihaknya percaya bahwa Aparat Hukum akan bertindak adil. ” Saya percaya, Aparat Hukum akan bertindak adil dan jika terbukti bahwa cuitan itu bernada rasis, maka Polisi tidak perlu pandang bulu dalam menegakkan hukum di Negeri ini ” ujar Wellem.
Masih Menurut Wellem Ramandei, bahwa penuntasan Kasus Permadi Arya ini momentum bagi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk merealisasikan janjinya. ” Kalau Pak Sigit kemarin bilang hukum akan tajam ke atas, inilah saatnya ” tambahnya.

Sementara itu, sejalan dengan Wellem Ramandei Wakil Ketua Umum DPP KNPI Amin Ngabalin menambahkan bahwa upaya KNPI melaporkan cuitan Abu Janda bertujuan mencegah situasi serupa terjadi lagi. Menurutnya, DPP KNPI telah banyak menampung aspirasi-aspirasi dari Para Pemuda Papua yang ingin ucapan Abu Janda ditindak secara hukum. ” Hari ini mungkin kepada Kami dari Papua, besok siapa lagi. Kalau tidak dihentikan ini bisa bahaya. Kalau ini tidak disikapi, Kami jadi Warga Negara Kelas Tiga di Negara Ini. Seakan-akan ada perlakuan istimewa kepada seorang Abu Janda ” tegas Waketum DPP KNPI itu.

Di lain Pihak, Mabes Polri melalui Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menegaskan bahwa Kasus Dugaan Rasisme dalam Cuitan “Evolusi” Permadi Arya alias Abu Janda kepada Mantan Komisione Komnas HAM Natalius Pigai akan tetap diproses secara hukum meskiun antara Keduanya (Abu Janda – Pigai) sudah bertemu. Sebagaimana diketahui bahwa antara Abu Janda dan Pigai telah bertemu Pada Senin (08/02/2021-Red) di salah satu Hotel di Jakarta. “ Ya, proses akan terus saja berjalan meski mereka sudah bertemu. Saat ini, Tim Penyidik juga kan terus berjalan. Sehingga, proses pun terus berjalan “ ujar Brigjen Pol Rusdi Hartono sebagaimana dilansir Koropak.co.id (Selasa, 09/02/2021-Red). (Dessy/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *