299 views

Listyo Sigit Prabowo Resmi Dilantik Menjadi Kapolri dengan Pangkat Jenderal Penuh

JAKARTA-LH: Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si resmi diangkat dan dilantik Presiden RI Joko Widodo menjadi Kapolri sekaligus dinaikkan pangkatnya menjadi Jenderal Bintang 4 (Jenderal Penuh). Pengangkatan Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadii Kapolri ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Pada Poin 2 yang ditetapkan di Jakarta Pada Tanggal 25 Januari 2021. Upacara Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI. ” Mengangkat Komisaris Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ” ujar Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tony Harjono mebacakan Kepres No 5 Tahun 2021 (Rabu, 27/01/2021-Red).

Pada Acara Pelantikan tersebut, tampak Presiden Jokowi memimpin langsungpengambilan Sumpah Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara Kristiani. Seusai pengambilan Sumpah Jabatan, dilanjutkan penandatangan, dan selanjutnya pembacaan Surat Keputusan Presiden No 7 Polri Tahun 2021 Tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi Polri yang Pada Poin 1 berisi menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Perwira Tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia atas nama Komjend Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dengan NRP 69050335 menjadi Jenderal Polisi. Kepres No 7 Tahun 2021 ini berlaku sejak ditetapkan, dan ditetapkan di Jakarta Pada Tanggal 27 Januari 2021.

Selain pengangkatan Kapolri baru, poin 1 dari Kepres No 5 Tahun 2021 berisi Pemberhentian Dengan Hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri sekaligus disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia selama memangku Jabtan tersebut.

Terhitung sejak hari ini (27/01/2021-Red), Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang lahir di Ambon – Maluku Pada Tanggal 5 Mei 1969 (51Tahun) resmi menjabat sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis. Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1991. Kapolri baru ini merupakan lulusan S-2 di Universitas Indonesia dengan Tesis Tentang Penanganan Konflik Etnis di Kalijodo.

Berbagai Jabatan dan Karir yang pernah diemban Listyo adalah menjadi Kapolres Pati dan Wakapolrestabes Semarang serta menjadi Kapolresta Solo di era Jokowi menjadi Walikota Solo. Kemudian, Pada Tahun 2012, Listyo dipindahtugaskan ke Jakarta untuk menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Selanjutnya, sejak Mei 2013 yang bersangkutan menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Jabatan penting lainnya dari Kapolri saat ini adalah menjadi Ajudan Presiden RI Joko Widodo Tahun 2014. Setelah itu, menjabat Kapolda Banten, Kadiv Propam Mabes Polri, dan jabatan terakhirnya sebelum diangkat menjadi Kapolri adalah sebagai Kabareskrim Mabes Polri. (Dessy/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *