147 views

Ketum Yayasan Jantung : Sayangi Jantung dengan Tidak Merokok

LUBUKLINGGAU-LH: Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Kota Lubuklinggau, Hj.Yetti Oktarina Prana menjadi pembicara dalam acara webinar kesehatan jantung oleh Yayasan Jantung Indonesia Kota Lubuklinggau di Rumah Dinas Wali Kota Lubuklinggau, Kelurahan Petanang (Kamis, 03/12/2020-Red). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan informasi tentang kesehatan jantung kepada masyarakat Kota Lubuklinggau.

Dalam materinya, Yetti Oktarina menjelaskan jantung adalah bagian penting pada organ tubuh , pada saat jantung berdetak (bekerja) maka organ yang lain juga akan bekerja. Kebiasaan pola hidup sehat dan mengatur pola makan sangat berpengaruh terhadap kolesterol dan kesehatan jantung. Makanan yang banyak kolesterol seperti seblak, makanan dari luar negeri dan lain-lain maupun merokok sangat berhubungan dengan kesehatan jantung dan meningkatnya kolesterol yang jahat dalam tubuh.

Jadi menurut Hj. Yetti Oktarina apa yang dilakukan untuk diri Kita, Kita tidak tahu apa yang terjadi dalam tubuh kita atau kesehatan jantung kecuali kita selalu memeriksakan diri ke dokter secara berkala apalagi yang sudah masuk faktor usia. Untuk yang usia muda harus mulai dibiasakan apapun yang kita makan merupakan hak tubuh akan nutrisi, apabila tidak memenuhi nutrisi termasuk menzolimi tubuh diri sendiri.

Yetti juga menerangkan merokok sangat mempengaruhi oksigen yang diserap oleh tubuh, zat kimia yang dihasilkan rokok sangat berbahaya akan merusak jantung sedangkan apabila makan sembarangan akan meracuni tubuh, jangan sampai tergantung dengan obat-obatan hal itu tidak enak buat tubuh dan diri sendiri maka dari itu untuk tetap sehat jaga pola hidup dari usia muda.

Selain itu, kolesterol juga bisa memengaruhi ginjal sedangkan makanan yang banyak mengandung kolesterol seperti udang dan makanan lainnya harus dihindari dengan cara mengatur pola hidup sehat dan pola makan sehat. Paling bagus adalah konsumsi karbohidrat komplek agar kesehatan kembali pulih dan kolestrol dapat terkontrol konsumsi makanan yang tidak berlebih-lebihan. Untuk hidup sehat lanjutnya, harus mempunyai komitmen dan jalankan dengan enjoy karena menjaga kesehatan adalah tugas diri sendiri dan juga diri sendirilah yang menikmatinya.

” Tidak mudah untuk dapat hidup sehat. Semua kembali kepada diri kita sendiri. Ayo jaga jantung, cintai jantung, jaga kolesterol dengan mengatur pola makan dan pola hidup sehat. Cari informasi cara hidup yang sehat dan apa saja yang dibutuhkan jantung biar tetap sehat ” pungkasnya. Narasumber lain diisi oleh Dr. Novi Yanti Sari,SpJP dan Dr. H Mast Idris Usman. (Arif/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *