231 views

Bawaslu Himbau Perusahaan Tidak Menghalangi Hak Demokrasi Karyawan Dalam Pilkada Labuhanbatu

LABUHANBATU-LH: Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) mengimbau seluruh Perusahaan tidak menghalangi Karyawan dalam memberikan Hak Suaranya pada Pilkada Labuhanbatu 09 Desember 2020 mendatang.Untuk itu, Pengusaha diminta meliburkan tenaga kerjanya supaya Tingkat Partisipasi Pemilih sesuai yang diharapkan (Kamis, 03/11/2020-Red).

Penegasan itu disampaikan Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Dalimunthe, kepada LH saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Melalui WhatsApp (Kamis, 03/12/2020-Red). “ Jangan halangi Hak Konstitusional Karyawan dalam Pilkada Labuhanbatu . Perusahaan wajib memberikan kesempatan Karyawan menggunakan hak pilihnya ” imbau Makmur Munthe.

Selaku Bawaslu, sambung Makmur Dalimunthe, perusahaan semestinya meliburkan karyawannya saat pencoblosan berlangsung, karena Regulasi dari Pemerintah harus libur. “ Kalau memang Perusahaan ingin tetap beroperasi karena mengejar target produksi, maka lebih dahulu memberikan kesempatan Karyawannya untuk memilih di TPS terlebih dahulu. Soal upah mempekerjakan karyawan saat Hari Libur Nasional Pilkada, biar itu menjadi urusan Pemerintah Daerah ” tegas Makmur Munthe.

Ketua Bawaslu Labuhanbatu itu menambahkan, telah melakukan koordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam hal ini termasuk Pelanggaran Pidana Pilkada. “ Dengan diliburkannya seluruh Karyawan Perusahaan, Kita berharap target Partisipasi Pemilih Pilkada bisa tercapai ” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Hari Pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang dilaksanakan Rabu 09 Desember 2020 sebagai Hari Libur Nasional. Ini tertuang dalam surat Keputusan Presiden (Keppres). Penetapan 09 Desember 2020 sebagai Hari Libur Nasional tertuang dalam Keppres Nomor 22 Tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagai Hari Libur Nasional.

“ Menetapkan hari Rabu tanggal 09 Desember 2020 sebagai Hari Libur Nasional dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Secara Serentak ” demikian keputusan Jokowi pada Diktum Kesatu Perpres tersebut. (Edi Syahputra Ritonga/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *