593 views

SETELAH 3 HARI TEROMBANG-AMBING DITENGAH LAUT KABAENA, AKHIRNYA 6 ABK BERHASIL DIEVAKUASI

BAUBAU-LH: Selayar KM Bunga Rosia GT 27 asal Jeneponto
yang bertolak dari Kabaena Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menuju Jeneponto Sulawesi Selatan mengalami kecelakaan setelah dihantam cuaca buruk di Perairan Kabaena Sultra. Akibatnya, 6 Orang Awak Kapal tersebut harus terombang ambing di lautan selama 3 hari.

Selama 3 hari terombang ambing dilautan, Para Awak Kapal tersebut berhasil ditolong Kapal Tanker Alice XXV yang melintas di perairan tersebut. Mereka kemudian dievakuasi ke Pelabuhan Murhum, Kota Bau-Bau Sultra Pada Hari Rabu (27/05/2020-Red).

Menurut Salah Satu Anak Buah Kapal (ABK) KM Bunga Rosia Kadir (44Tahun), “ kecelakaan terjadi karena kendala teknis dan cuaca buruk. Pada saat bersamaan, Kapal yang tengah memuat 30 Kubik Kayu tersebut mengalami mati mesin, bodi bocor dan pompa air rusak, ditambah ombak keras menghantam sehingga kapal cepat tenggelam “ pungkas Kadir.

Peristiwa naas tersebut terjadi Pada Hari Senin (25/05/2020-Red) Sekitar Pukul 09,00 WITA. Pas kapal tenggelam, Kadir dan 5 orang kawannya bertahan selama Tiga Hari menumpang rakit, tanpa makan. Demikian dikisahkan oleh Kadir.

KM Bunga Rosia sendiri merupakan Kapal asal Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Enam awaknya merupakan warga Desa Arungkeke Kecamatan Arungkeke kabupaten Jeneponto. Hal itu diungkap oleh kepala seksi kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jeneponto Mus Mulyadi Kamis 28/5/2020. ” Hari ini, korban berhasil diselamatkan dan dievaluasi oleh Basarnas Bau-Bau di Pelabuhan Ferry Wamengkoli Bau Bau Sulawesi Tenggara.Hasil kordinasi dengan Pihak Basarnas BauBau. Alhamdulillah semua sehat, kondisi fisik sehat dan sekarang sudah istirahat sambil menunggu informasi untuk dipulangkan dari pimpinan “ jelas Mus Mulyadi.

Mus Mulyadi juga mengaku telah menyampaikan kepada pihak pemerintah setempat untuk disampaikan kepada keluarganya. ” Kami juga sudah sampaikan Ke Pemerintah Kecamatan Arungkeke agar menyampaikan ke keluarganya bahwa korban sudah selamat agar keluarganya tenang, korban yaitu: Asri (34), Ferdi ( 19), Kadir ( 44), Iwan(28), Sudi( 21), dan Liwan( 35) ” tambahnya.

Dilain pihak, menurut keterangan Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan ( KUPP) Kls 1 Bau-Bau Pradigdo, Evakuasi Enam Awak KM Bunga Rosia berjalan dengan lancar. Pihaknya telah melakukan persiapan Agar Enam Orang Warga Jeneponto Tersebut dipulangkan ke rumah masing masing. ” Tadi Saya sudah dihubungi oleh KUPP disana, bahwa hari ini Kamis 28 Mei 2020 dengan menggunakan kapal Darma Ferry , enam orang ini akan diberangkatkan ke Makassar untuk berikutnya dipulangkan ditempatkan tinggal mereka dijeneponto,” ungkap pradigdo (Kamis, 28/05/2020-Red). (Ardianto/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.