583 views

Komisi B DPRD Sumatera Utara Tantang APARA

JAKARTA-LH: Aliansi Pemuda Sumatera Utara (APARA) Jakarta, Gelar diskusi Publik bertajuk “Meningkatkan Ekowisata Masyarakat dalam Pencapaian Sumut Bermartabat” di Mess Pempropsu, Jalan Bambu, Jakarta Pusat (Jum’at, 27/12/2019-Red).

Pemuda yang berasal dari Sumatera Utara yang Menyelesaikan Starata 2 di Ibukota ini, diharapkan juga memiliki kewajiban mencintai tanah kelahirannya. Oleh karena itulah Penyelenggara Diskusi ini melihat bahwa banyak potensi pariwisata yang akan dapat didorong dan siap untuk terlibat di dalam pencapaiannya, sebagai Ekowisata Masyarakat untuk Sumut Bermartabat. Hal ini disampaikan Korpres APARA Ilham Fadli dalam kata sambutannya.

Di dalam diskusi ini, Ilham Fadli juga mengajak Semua Pihak untuk memberikan Konstribusi yang Konstruktif agar tercapainya cita-cita mulia yaitu Sumut Bermartabat. “ Kita ajak Komisi B DPRD Sumut Victor Silaen SE, MM Ketua Komisi B, Gusmiyadi SE Anggota komisi D dan Andi Satria Harahap Civil Society. Semua ini adalah orang-orang hebat dan ahli dalam bidangnya “ pungkas Fadli.

Gusmiyadi SE menyampaikan tentang pentingnya memastikan pembangunan pariwisata kita tidak hanya sekedar droping gagasan Jakarta. Masyarakat yang berbasis Komunitas Lokal mesti dilibatkan. Gagasan, Kebudayaan, Seni dan nilai-nilai lokal inilah yang mesti dielaborasi dan dioptimalkan menjadi kekuatan.

” Kita perlu menginventarisir semua sumber daya lokal kita; event-event budaya; jadwal panen hingga nandur (bila perlu) yang dapat dikapitalisasi menjadi pertunjukan kebudayaan harus dieksplore. Kemudian negara mesti menunjukan kehadirannya dengan mengangkat kearifan lokal itu agar menjadi kekuatan dengan melibatkan rakyat. Kalau ini tidak dilakukan, maka percayalah; maksud mereka tentang mengembangkan pariwisata itu jangan-jangan hanya sekedar modus untuk memberikan jalan ‘kapitalisme’ untuk menguasai alam indah kita untuk meraup keuntungan dan kemudian rakyat kita hanya sekedar menjadi objek pembangunan “ papar Gusmiyadi SE.

Sementara itu, Andi Satria Harahap selaku Civil Society menyoroti tentang potensi Sektor Parawisata Sumatera Utara sebagai income bagi daerah dan devisa Negara. “ Sektor Pariwisata di Sumatera Utara sangat potensial untuk dikembangkan sebagai sumber income bagi daerah dan income devisa negara. Pasalnya, panorama alamnya yang sangat mempesona, agro wisata yang sangat variatif, serta Sosial-Budaya Masyarakatnya yang penuh dengan nilai-nilai luhur cukup memikat hati para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hanya saja, Pemerintah Provinsi Sumtera Utara harus sesegera mungkin mengkonsolidasikan seluruh elemen yang ada di Sumatera Utara untuk bekerja bersama-sama dalam membangun sektor pariwisata di sumatera utara “ ujar Andi Satria Harahap dalam diskusi itu.

Ketua Komisi B Victor Silaen SE. MM dalam diskusi ini menyampaikan; “ Kita bersyukur APARA ini ada dan semoga tetap eksis dalam Kajian dan Aktualisasinya untuk membangun Sumatera Utara. Pada Tahun 2020 bahwa DPRD sumut sudah mengetok Anggaran sebesar 4 Triliun. Ini semua untuk mengembangkan Ekowisata Masyarakat. Selain Danau Toba, kita juga mengusulkan 3 Pariwisata Prioritas Baru, yaitu Bahorok, Tangkahan, dan Tahura. Saya juga berpesan dan mengajak Pemuda yang tergabung di Apara agar berpartisipasi aktif bukan hanya sampai didiskusi ini tapi kita terjun kelapangan. Saya tantang teman teman semua ( Apara ) untuk mengkonsep pembangunan ekowisata yang akan kita dorong di DPRD Sumut dan merekomendasikan kepada Gubernur Sumatera Utara “ tutup Ketua Komisi B Viktor Silaen SE, MM (Fadli/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.