686 views

Selama Beberapa Priode Tidak Profit Akhirnya Di THN 2019 PT IKN Menghasilkan Laba

MEDAN-LH: PT Industri Karet Nusantara, (PT IKN) yang ber alamat di Jln Medan Tanjung Merawa KM.9,5, Medan, adalah salah satu anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara III. Menurut Sofyan Panjaitan, Manager Operasional merangkap Pemasaran saat bertemu dengan LH, sore tadi Rabu (04/12/2019-Red),dikantornya, mengatakan: “Selama beberapa priode perusahaan ini tidak profit, Alhamdulillah pada Tahun 2019 ini menghasilkan laba, sesuai perhitungan sampai dengan Nopember 2019 senilai Rp 8,2 Miliyar, diprediksi sampai dengan Desember 2019 laba bersih perusahaan Rp 9 Miliyar, dan untuk bonus kepada pekerja sudah diusulkan kepada pemegang saham perusahaan, dan sekarang ini semua pekerja sudah memiliki strata dan golongan “Jelasnya.

Menurut Sofyan Panjaitan,perusahaan selama beberapa periode tidak profit, karena market hasil produksi tidak berjalan sehingga terjadi stagnasi produksi, sedangkan cost produksi tetap berjalan. Selama kurang lebih satu tahun dua bulan ditempatkan di PT IKN oleh Direksi PTPN III tepatnya terhitung mulai tanggal 01 September 2018, Saya bersama management dan team kerja berupaya untuk membenahi management perusahaan agar bisa profit, dan Alhamdulillah berkat ridho dari Tuhan, dengan adanya kerjasama team yang solid mampu membenahi management perusahaan dan menghasilkan profit.

Strategi perusahaan untuk menghasilkan laba sebenarnya sangat sederhana, pertama gerakkan seluruh pekerja sebagai market untuk seluruh prodak, kedua adanya transparansi management, tidak membuat jarak antara bawahan dan pimpinan, menumbuhkan rasa memiliki perusahaan dalam diri masing-masing pekerjan (sense of belonging).

Selain menghasilkan laba dengan prakiraan capaian Rp 9 Miliyar pada akhir Tahun ini, dalam kurun waktu satu tahun dua bulan, aset perusahaan juga bertambah yakni, dua unit mobil baru, serta mampu mengadakan pakaian dinas Pekerja,”sebutnya.

Sofyan Panjaitan yang juga mantan Ketua SPBun PTPN III tkt Perusahaan pada Thn 2018 selanjutnya menerangkan” Untuk membuat perusahaan itu profit sebenarnya tidak terlalu sulit, kuncinya ada pada pimpinan perusahaan itu sendiri, dan yang paling utama tidak memanfaatkan perusahaan untuk kepentingan pribadi”lanjutnya.

Pada akhir wawancara Sofyan Panjaitan menambahkan”Keuntungan PT IKN bisa lebih maksimal dicapai kalau bahan baku untuk produkdi bisa didapat dengan harga murah, salah satunya dengan memanfaatkan getah tanah (latex yang ada di bawah pohon karet) ataupun pemanfaatan limbah pabrik karets” tambahnya. ( Anto Bangun/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.