387 views

Atas Permintaan Firli, Pemeriksaannya Dilakukan Di Bareskrim Polri

JAKARTA-LH: Pemeriksaan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang seyogianya akan dilakukan di Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, karena atas permintaan Firli akhirnya dipindahkan ke Dirtipidkor Bareskrim Polri.

Permintaan ini disampaikan secara tertulis oleh pimpinan KPK yang ditujukan kepada Dirtipidkor Bareskrim Polri dan Dirreskrimsus Polda Metro Jaya selaku penyidik. Yang pada pokoknya, surat itu memohon agar mengizinkan pemeriksaan atau permintaan keterangan terhadap Ketua KPK RI-Sdr FB sebagai Saksi (merujuk surat panggilan penyidik sebelumnya) dapat dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB bertempat di Kantor Bareskrim Polri.

Hal ini disampaikan oleh Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Syafri Simanjuntak. ” Menindaklanjuti permintaan dimaksud, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan Dirtipidkor Bareskrim Polri untuk melaksanakan pemeriksaan/ permintaan keterangan sebagai saksi terhadap sdr FB-Ketua KPK RI di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri pada hari Selasa, tanggal 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB ” pungkas Kombes Ade dalam keterangannya (Selasa, 24/10/2023).

Dalam pemanggilan ini, Firli akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Sementara itu, kasus dugaan korupsi di Kementan diselidiki oleh KPK sejak Januari 2023. Saat ini, KPK sudah resmi menahan SYL sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Dalam kasus ini, polisi secara maraton telah memeriksa 52 orang saksi sejak surat perintah penyidikan diterbitkan pada 9 Oktober. Para saksi ini antara lain SYL, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, tujuh pegawai KPK, dan lainnya. (Dessy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.