304 views

Mengenal Lebih Dekan DATARAN TINGGI DIENG Di Jawa Tengah

LIPUTANHUKUM.COM: Dieng merupakan nama sebuah dataran tinggi yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng ini begitu populer bagi masyarakat Indonesia karena menyimpan berbagai potensi alam dan sejarah yg memukau.

Secara administratif, ada 4 Kabupaten yang memiliki bagian dari wilayah dataran tinggi Dieng, yaitu Batang, Pekalongan, Banjarnegara dan Wonosobo. Namun, Wonosobo dan Banjarnegara lah yang memiliki wilayah terluas, terutama untuk wisatanya.

Uniknya, masyarakat di luaran sana justru lebih mengenal Dieng dengan embel-embel Wonosobonya. Hal ini banyak disebabkan karena jalur yang dilalui para pengunjung yang akan ke Dieng, mayoritas melewati wilayah Wonosobo.

Faktanya, justru banyak juga objek wisata terkenal di Dieng yang masuk wilayah Banjarnegara, seperti Dieng Plateu, Komplek Candi Dieng, Kawah Sikidang, dan lain sebagainya.

Kedua wilayah Kabupaten ini, sekarang berusaha membentuk branding Dieng di daerahnya. Hal ini dinilai wajar, karena di masing-masing Kabupaten ini memiliki nama Desa Dieng didalamnya, yang bahkan letaknya pun bersebelahan. Dieng Wetan masuk Kabupaten Wonosobo, dan Dieng Kulon masuk Kabupaten Banjarnegara. (Diyan Kusworo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.