426 views

Seorang Warga Pencari Rumput Diperkirakan Tenggelam Di Sungai Pekacangan Purbalingga

PURBALINGGA-LH: Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap kembali mendapatkan informasi atas hilang dan tenggelamnya warga di Sungai Pekacangan Desa Pamuk RT 19 RW 10 Dusun Lima Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Informasi ini diperoleh dari Selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap dari Adah Sudarsa. “ Kita mendapatkan informasi dari Yudi (Ketua SAR Purbalingga) Pada Rabu (26/10) Sekitar Pukul 21.15 WIB bahwa telah terjadi seorang pencari rumput di kabarkan tenggelam di Sungai Pekacangan Purbalingga. Setelah mengetahui informasi tersebut kita langsung memberangkatkan Dua Regu ke lokasi kejadian beserta peralatan lengkap di air seperti Rubber Boat, Alat Komunikasi, AquaEye, Underwater Searching Device, Rescue Net, Dua Rescue Car “ pungkas Adah Sudarsa (27/10/2022).

Secara kronologis diketahui bahwa Rabu (26/10/2022) sekitar Pukul 09.00 WIB, dimana saat itu korban hendak mencari rumput dan menyeberangi Sungai Pekacangan. Padahal arus sungai cukup deras dan debut air tinggi.

Menurut informasi, lanjut Adah Sudarsa, yang didapatkan dari warga setempat bahwa korban diperkirakan tenggelam dan terbawa arus sungai sekitar Pukul 17.00 WIB. Hal ini disampaikan salah seorang saksi mata melihat korban menyeberang dengan menggunakan ban bekas. Namun, beberapa saat kemudian Saksi hanya terlihat ban saja yang mengapung di sungai dan motor korban yang parkir di tepian sungai. Mengetahui kejadian tersebut, saksi langsung melaporkan ke pihak terkait dan di teruskan ke pihak keluarga.

Pencarian dan pemantauan hari pertama sudah kita lakukan dengan bersama SAR Gabungan namun belum juga membuahkan hasil. “ Pencarian hari kedua kita lakukan Pada Kamis (27/10/2022) Pagi Pukul 07.00 WIB dengan membagi dua regu yaitu penyisiran di permukaan air menggunakan Rubber Boat dan Penyisiran darat. Namun kendala di lapangan adalah saat ini kondisi debit air turun dan sungai dangkal, air keruh, banyak bebatuan di lokasi sungai “ papar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap itu.

Menurut data dan informasi yang diperoleh, Korban bernama Makhirun (50 Tahun) Warga RT 29 RW 12 Desa Bandingan Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Adapun Unsur SAR Gabungan yang diturukan Terdiri Kantor SAR Cilacap, Unit Siaga SAR Banyumas, Polsek Kejobong, Koramil Kejobong, Bpbd Purbalingga, Pemerintah Desa, BHV Banyumas, SAR Purbalingga, Rapi, IPCI, Perisai Banjarnegara dan Warga sekitar. (Taufik/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.