440 views

“SUNAME” Dukungan Terhadap Anies For Presiden 2024 Nyaris Tak Terbendung

LIPUTANHUKUM.COM: Dukungan terhadap pencapresan Anies Rasyid Baswedan untuk Presiden 2024 dari berbagai pihak dan elemen terus mengalir dengan deras khususnya pasca deklarasi Partai Nasdem pada 3 Oktober 2022 yang lalu. Bak “suname”, dukungan itu nyaris tak terbendung.

Kendatipun pencapresan Anies oleh Partai nasdem itu belum memenuhi Presidential Threshold, namun dukungan yang begitu luar biasa terhadap Gubernur DKI Jakarta itu tampaknya akan turut mendorong bahkan ‘memaksa’ 2 partai lainnya yang digadang-gadang akan mencapreskan Anis segera terealisasi. Kedua Parpol yang dimksud adalah Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Koalisi ketiga partai tersebut sudah hamper bulat mencapreskan Anies Baswedan.

Wasekjen Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan peluang koalisi partainya dengan Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah melebihi angka 90 persen. ” Kalau hari ini tinggal teknis saja. Sudah di atas 90 persen (peluang koalisi NasDem, PKS, dan Demokrat) ” pungkas Hermawi (Senin, 10/10/2022).

Dari pantauan liputanhukum.com, dukungan terhadap bekas Meneteri Pendikan Anies Rasyid Baswedan itu khususnya pasca penetapannya sebagai capres oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) begitu luar biasa baik dari masyarakat luas, para tokoh masyarakat, tokoh politik, dan tokoh lintas agama. Bahkan momen perpisahannya dengan warga Jakarta menjelang purnabhaktinya begitu mengharukan. Boleh dikatakan hamper seluruh lapisan masyarakat Jakarta merasa kehilangan dengan sosok gubernur mereka itu. Mereka mendukung sepenuh hati agar Anies berhasil menjadi presiden 2024 agar masyarakat Indonesia turut merasakan kebahagian yang mereka rasakan atas keberhasilan Anies memimpin Jakarta selama masa bhaktinya 5 tahun.

Selain masyarakat dan warga DKI Jakarta, berbagai elemen masyarakat di luar Jakarta juga membludak menyatakan dukungannya terhadap Anies menjadi Presiden 2024. Hal ini tampak dari bermunculannya relawan-relawan Anies di seantaro nusantara. Ada Mak Mak Anies yang disingkat MANIES, ada di Kalsel dan Aceh relawan yang rela menyiapkan Bus berlogokan gambar Anies serta bertuliskan Anies For Presiden, dan banyak lagi fenomena berupa karya simpatisan Anies yang semua itu bersipat sukarela dan spontan sebagai relawan untu Anies.

Berbagai tokoh juga menyatakan dukungannya terhadap pencapresan Cucu Pahlwan Kemerdekaan ini. Politisi senior Golkar yang juga Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung mendukung pencalonan Anies Rasyid Baswedan menjadi Calon Presiden RI 2024. Dukungan ini disampaikan Politisi Senior Partai Golongan Karya itu dalam acara peresmian Relokasi Monumen 66 dari Jalan HR Rasuna ke Taman Menteng, Jakarta Pusat. ” Saya bangga bahwa beliau menjadi capres pada Pemilu 2024 yang akan datang. Saya mendukung beliau ” pungkas Akbar Tanjung (Rabu, 05/10/2022).

Bahkan Ketua Umum Pemuda Pancasila (PP) Yapto Soerjosoemarno mewajibkan seluruh Anggota PP harus memilih Anies pada Pilpres 2024 nanti. Hal ini disampaikan Yapto saat peresmian Kantor Sekretariat Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (MPN PP) di Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat sekaligus juga mengangkat Anies sebagai anggota PP. ” Jadi kewajiban kader PP (dalam) Pilpres 2024, kalau namanya (Anies) terpilih wajib kita pilih beliau ” tandas Yapto (Sabtu, 01/10/2022).

Masih banyak lagi tokoh lainnya yang memberikan dukungan atas pencapresan Gubernur Jakarta itu. Hal yang menarik lainnya adalah pengumpulan sejuta tanda tangan dukung Anies yang dilaksanakan oleh Jarnas Bersama Anies Kami Siap (Beraksi) Jabar. Koordinator Daerah Jarnas Beraksi Kota Bogor, Yadi S, mengatakan, pemilihan kota hujan sebagai dimulainya kegiatan ini, dikarenakan Bogor sebagai barometer politik strategis dalam menopang perhelatan politik nasional, setelah DKI Jakarta dan adanya simbol negara yaitu istana Bogor. ” Kita berharap Anies bisa menempati Istana Bogor setelah pilpres 2024 ” tangkas Yadi (Minggu, 09/10/2022).

Menurut Yadi, kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan dan memberikan dukungan secara penuh dan sukarela dari masyarakat Jawa Barat untuk Anies Baswedan menjadi Calon Presiden Republik Indonesia, pada pemilihan presiden tahun 2024 tanpa syarat dan berkomitmen melakukan perbaikan bagi bangsa dan negara Indonesia.

Jarnas Beraksi Jabar merupakan jaringan relawan yang dibentuk oleh berbagai elemen masyarakat seperti intelektual, pengusaha, profesional, aktivis sosial, perempuan, pemuda, organisasi masyarakat, organisasi profesi dan para individu. ” Jarnas Beraksi Jabar telah berdiri di 27 Kota dan Kabupaten se Jawa Barat yang menginduk kepada Jaringan Nasional Anies Baswedan yang telah dibentuk di 34 Provinsi dan 514 kota dan kabupaten seluruh Indonesia ” ujar Yadi. (Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.