89 views

Kepala DPAD Yulizal Minta Pengelola Pustaka Inhil Terus Tingkatkan Kopetensi dan Layanan yang Bekualitas

TEMBILAHAN-LH: Seluruh Tenaga Pengelola Perpustakaan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diminta untuk terus meningkatkan kompetensinya, dalam upaya memberikan pelayanan yang baik dan maksimal guna meningkatkan minat baca masyarakat.

Permintaan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil, H Yulizal dalam sambutannya saat Penutupan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Nasional Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah/Madrasah se-Kabupaten Inhil, di Aula Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tembilahan (Kamis, 11/03/2021-Red) sore.

Dikatakannya, keberadaan Perpustakaan merupakan salah satu penunjang bagi keberhasilan proses pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat di institusi pendidikan. Untuk itu, perlu usaha menyeluruh dan terus-menerus dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan, sehingga mampu memberikan layanan yang berkualitas dan bermutu. ” Selain kelengkapan buku atau bahan bacaan dan kondisi bangunan, kualitas dan mutu perpustakaan juga dilihat dari kompetensi pengelola pustakanya ” ujar Yulizal.

Karenanya, melalui kegiatan tersebut mantan Kepala Dinas PMD Inhil ini berharap, SDM Tenaga Pengelola Perpustakaan akan semakin berkembang kedepannya, dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas terutama untuk menarik minat masyarakat dan siswa agar mau datang berkunjung ke perpustakaan. ” Berbagai ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh melalui kegiatan ini, hendaknya dapat diterapkan di sekolah masing-masing. Dengan begitu, insya Allah ke depan perpustakaan tidak lagi dipandang sebelah mata ” pesan Yulizal kepada Peserta Diklat.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Tembilahan, Hasmar menyatakan sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Kepala DPAD Yulizal dalam mengembangkan dan memajukan perpustakaan di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia. ” Baru di zaman beliau ini menggeliat perkembangan perpustakaan. Kita dulunya nggak ngerti seperti apa perpustakaan itu, namun sejak Pak Yulizal menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah barulah Kita memahami bagaimana perpustakaan itu sebenarnya ” kata Hasmar.

Selanjutnya, terkait dengan kabar akan segera pensiunnya Kepala DPAD Yulizal, Hasmar berharap agar penggantinya bisa memiliki komitmen yang sama dalam membangun dan memajukan perpustakaan. ” Beliau (Yulizal-Red) kabarnya akan pensiun, Kita harapkan mudah-mudahan penggantinya nanti bisa lebih baik atau paling tidak bisa sama seperti Beliau, supaya pembinaan dan perhatian terhadap perkembangan pustaka di Inhil ini bisa terus dilakukan seperti sekarang ini ” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan yang menghadirkan narasumber Ketua Atpusi Riau, Latif ini, juga dilakukan penyerahan buku karya Ketua Atpusi Inhil, Darmaiyah kepada Kepala SMKN 1 Tembilahan, Hasmar. (Marbun/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *