102 views

Tidak Mengenal Lelah Polsek Gaung Berjibako Hingga Larut Malam Untuk Padamkan Karlahu

TEMBILAHAN-LH: Pada Rabu 10 Maret 2021 Polsek Gaung Polres Inhil melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Pemadaman pada titik HotSpot yang terpantau di Parit 13 dan 14 Kiri Dusun VI Desa Lahang Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Kegiatan dipimpin langsung Kapolsek Gaung, AKP Anwar. Bahkan pemadaman Karlahut berlangsung hingga Tengah Malam Pukul 22:30 WIB.

Kapolsek AKP Anwar mengatakan luas lahan yang terbakar diperkirakan kurang lebih 4 Hektare dan diperkirakan akan terus merambat mengingat struktur lahan merupakan tanah gambut. ” Struktur tanah inilah yang membuat kami harus memadamkan api hingga larut malam, karena kalau tidak demikian, api akan terus merambat ” ujarnya (Kamis, 11/03/2021-Red).

Lahan yang terbakar merupakan milik masyarakat Desa Lahang Hulu yang sudah di data oleh Polsek Gaung. ” Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran lahan dan keterkaitan apakah adanya pelaku dalam karlahut ini ” kata AKP Anwar.

Anggota Polsek juga melakukan verifikasi dan pemadaman lahan yang terbakar dengan cara penyemprotan dan membuat sekat bakar pada lahan agar api agar tidak meluas. ” Tidak bosan-bosannya kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara di bakar, sebab akan ada pidana yang menjerat pelaku karlahut sesuai undang-undang yang berlaku ” tegasnya.

Kapolsek juga melaporkan kondisi terakhir Penanganan Karlahut, hingga Pukul 22:30 sudah tidak ada api, tapi lahan masih mengeluarkan asap. ” Kegiatan verifikasi dan pemadaman dan pendinginan selesai sekira Pukul 22.30 WIB. Kegiatan pemadaman dan pendinginan akan dilanjutkan pada Kamis 11 Maret 2021. Selama kegiatan berlangsung, situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali ” tutup AKP Anwar. (Marbun/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *