329 views

Kodim 0209/LB Gelar Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan, Diawali Koramil 11/KP

LABUSEL-LH : Untuk memberi pemahaman tentang rencana pelaksanaan rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat tahun 2020, Koramil 11/KP dibawah pimpinan Danramil Mayor Inf Tamrin Hasibuan, menggelar sosialisasi di Aula kantor Camat Kotapinang Jalan Prof. H.M Yamin Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbati Selatan, bekerja sama dengan Muspika Kotapinang (Senin, 10/08/2020-Red).

Kegiatan ini dilaksanakan merupakan perintah dari Komando atas tentang pemberian informasi berbentuk sosialisasi yang diselenggarakan di Koramil-koramil khususnya Jajaran Kodim 0209/LB. ” Sudah Saya perintahkan kepada Para Danramil untuk menggelar sosialisasi tersebut di wilayah masing-masing, bertujuan untuk memberi pemahaman tentang tata cara perekrutan, persyaratan hingga tujuan dilaksanakan pembentukan Komponen cadangan ” Jelas Dandim Letkol Inf Asrul K. Harahap, S.E., M.Tr (Han) kepada awak media (Senin, 10/08/2020-Red).

Terkait kegiatan ini, Danramil 11/KP Mayor Inf Tamrin Hasibuan mengatakan, ” kami berkerja sama dengan pihak Camat Kotapinang untuk melaksanakan sosialisasi perekrutan Komcad Matra Darat dengan mengundang Para Ormas/OKP mulai dari perwakilan Pemuda Pancasila, FKPPI, Ikatan Pemuda Al-Wasliyah, AMPI dan BKPRMI, serta kami juga mengundang tenaga pengamanan kebun Sisumut, Mahasiswa dan beberapa masyarakat binaan masing-masing Babinsa tersebar di desa-desa, diperkirakan berjumlah ± 60 orang ” terangnya (Senin, 10/08/2020-Red).

” Komcad adalah Komponen Utama adalah TNI, membangun Komponen Cadangan yang nyata dan operasional, lalu menyiapkan Komponen Pendukung dari seluruh rakyat di semua sektor, seperti Petani, Nelayan, Akademis, Ormas dan Parpol ” ujar Danramil Mayor Inf Tamrin Hasibuan.

Lebih lanjut Mayor Inf Tamrin Hasibuan menyampaikan, ” Untuk mendapatkan kualitas Komcad akan dibagi menjadi 3 Matra antara lain, Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara serta para calon minimal harus berusia 18-35 tahun, ini bukan wajib militer, namun mengabdi dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela dan dalam proses seleksi secara Administrasi dan Kompetensi ” tambah tambahnya,

Masih menurut Danramil 11/KP, ” Setelah selesai di didik selama 30 hari dengan materi pelatihan dasar militer, Komcad akan ditugaskan jika negara dalam keadaan darurat sesuai persetujuan Presiden dan DPR serta mengabdi hingga berusia 48 tahun ” terangnya.

” Tujuan akhirnya adalah memperkuat Komponen Utama Pertahanan jika Negara berada dalam keadaan berbahaya atau darurat “ tutup Mayor Tamrin.

Kegiatan Sosialisasi ini juga turut dihadiri Sekcam Kotapinang Ibu Hj. Lelawani yang mewakili Camat dan Para Tokoh-Tokoh Pemuda, Agama serta Masyarakat. Terlihat kegiatan tersebut berjalan lancar hingga Pukul 16.00 WIB. (Hamdani/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *