393 views

Wako Dalam Rakor Kadis Perindag Se Sumsel: Sektor Perdagangan Saling Berkaitan Dengan Kegiatan Sektor Produksi

LUBUKLINGGAU-LH: Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe hadiri dan buka secara langsung kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Se-Sumsel Tahun 2021 di Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau, Kamis (08/04/2021).

Dalam arahnya Wako mengucapkan selamat datang di Kota Lubuklinggau untuk para peserta semoga dapat memperkokoh dan menjadi spirit bagi Kota Lubuklinggau untuk memajukan pembanguan daerah Kota Lubuklinggau khususnya melalui bidang industri dan perdagangan. ” Bidang perdagangan dan industri ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Kedua bidang ini mempunyai peran strategis dalam upaya mempercepat pembangunan ekonomi daerah dan nasional ” katanya.

Wako juga mengatakan pembanguan perdagangan merupakan salah satu kegiatan bidang ekonomi yang mempunyai peran strategis dalam rangka pembanguan dimana sektor perdagangan berperan dalam mendukung kelancaran penyaluran barang dan jasa, memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, serta membentuk harga yang wajar.

Kegiatan sektor perdagangan saling berkaitan dan saling menunjang dengan kegiatan sektor lain seperti sektor produksi (pertanian, industri dan perdagangan), sektor keuangan, sektor perhubungan dan telekomunikasi dimana Kota Lubuklinggau sudah termasuk pusat industri dan perdagangan dengan didukung dengan akomodasi yang lengkap. ” Setelah itu dalam era persaingan global tidak ada pilihan selain meningkatkan daya saing untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing dalam rangka mewujudkan pembanguan yang berkesinambungan diperlukan suatu arah kebijakan pembanguan yang berkesinambungan yakni suatu arah kebijakan pembanguan daerah paradigma baru ” jelas Wali Kota Lubuklinggau itu.

Direncanakan akan disiapkan lahan untuk pergudangan bagi pelaku usaha di jalan lingkar selatan agar mobil-mobil besar tidak masuk Kota lagi dan menyerap tenaga kerja.

Sementara Kepala Perindustrian Provinsi Sumsel Hj. Erlina Rizar menyampaikan dalam rangka rakor, pemerintah Provinsi Sumsel memberikan apresiasi sudah mengadakan kegiatan yang dihadiri lengkap oleh Kepala Perindutrian dan Perdagangan. ” Kegiatan dalam rangka mensukseskan program ‘ayo ngelong ke Lubuklinggau’ dan diharapkan lebih banyak lagi orang yang berkunjung ke Kota Lubuklinggau ” ucapnya.

Ia mengatakan industri adalah pendorong perekonomian dimana arah kebijakan perindustrian untuk pembanguan daerah dan pertumbuhan perekonomian dengan mengembangkan perindustrian secara kreatif dan inovatif dengan meningkatkan SDM.

Dirinya menjelaskan pemerintah Sumsel melakukan pengembangan dengan bantuan peralatan, bimbingan teknis. ” Semoga dengan rakor dapat menselaraskan semua kegiatan yang akan dilakukan ” imbuhnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lubuklinggau Surya Darma menyampaikan kegiatan Rakor Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kota Lubuklinggau untuk mensinkronisasikan kegiatan perindustrian dan perdagangan seluruh daerah agar menimbulkan keselarasan yang dihadiri secara lengkap oleh Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Se-Sumsel.

Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar, Direktur Jendral Pengembangan Perwilayahan Ir. Ignatius Warsito melalui zoom, Kepala Perindustrian Provinsi Sumsel Ir. Hj. Erlina Rizar, MM. dan Kepala Dinas Perindustria dan Perdagangan Se-Sumsel. (Arif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.