444 views

PC NU Musirawas Temui Kapolres untuk Melakukan Mediasi Terkait Dugaan Hinaan Akun Facebook Nyimas

MUSIRAWAS-LH: Komentar akun Facebook Nyimas Atikawati diduga melakukan penghinaan terhadap kiyai dan ulama Nahdatul Ulama (NU), berbuntut panjang. Tak hanya melakukan kajian, GP Ansor pastikan bakal Laporkan hal ini ke Pihak Berwajib.

Sekedar menginformasikan akun Facebook atas nama Nyimas Atikawati mengeluarkan komentar-komentar hujatan terhadap foto Kyai H Muhammad Hidayat yang tak lain ulama Nahdathul Ulama (NU) bersama Ratna Machmud Calon Bupati Musi Rawas Nomor Urut 1.

Kemudian Ia juga diduga menghina Relawan Santri, Ia juga melempar komentar diduga menghina relawan tersebut. Menyikapi hal ini, Ketua PC NU Kabupaten Musirawas Kyai Usman Syafei, Ketua GP Ansor Musirawas Fuad Hasyim, Sekretaris GP Ansor Musi Rawas Rian Ardika, Sat Korcab Banser Musirawas, Komandan Fuad Bahtiar, Ustad Alfi, Ustad Dedi, beserta kader Badan Otonomi NU Musirawas, mendatangi Polres Musirawas untuk melakukan Audensi bersama dengan Kapolres Musi Rawas (Senin, 19/10/2020-Red).

Kapolres Musirawas AKBP Efrannedy, S.I.K, MAP didampingi Kasat Intelkam Polres Musirawas IPTU Amiruddin Iskandar, mengatakan ” Agenda pertemuan hari ini bersama PC NU Kabupaten Musirawas intinya Mereka minta difasilitasi karena adanya salah satu akun Facebook milik Nyimas Atikawati yang menurut para Kyai melakukan Penghinaan baik terhadap Tokoh dan secara Kelembagaan PC NU Musirawas. Alhamdulillah mereka beritikat menemui Saya meminta untuk Memfasilitasi dan Memediasi agar tidak terjadinya konflik lebih lanjut, dan berharap situasi Kamtibmas di Kabupaten Musirawas tetap kondusif ” ujarnya.

Kapolres Musirawas juga, mengucapkan terima kasih kepada Kyai-Kyai NU yang ada di Kabupaten Musirawas yang sudah mempercayai Polres Musirawas untuk menyelesaikan permasalahan ini. ” Hari ini Mereka hanya minta memfasilitasi dulu untuk dilakukannya pertemuan Kedua Belah Pihak, dan apabila dari Kelembagaan PC NU memaafkan dan menerima dengan adanya Permintaan Maaf Dari Pihak Pemilik Akun tersebut, permasalahan ini kami anggap Selesai, jikalau tidak ada jalan keluarnya perlu Kita lakukan upaya-upaya lain. Untuk kedua belah pihak akan kita segerakan pertemuannya, tadi Saya sudah memerintahkan Kasat Intelkam untuk melakukan pertemuan kemudian Kasat Reskrim untuk mempelajari hal tersebut ” papar Kapolres.

Pada kesempatan yang sama Kyai Usman Syafei selaku Ketua PC NU Kabupaten Musirawas, menerangkan “Kami minta kepada Kapolres Musirawas agar kiranya Beliau menjadi penengah terjadinya konflik dengan akun Facebook yang ada indikasi sudah jelas-jelas menghina Kyai NU. Maka dari itu Kami berharap kepada seluruh kader NU baik yang dari struktural maupun kultural Beliau diminta agar minta maaf secara umum, pemilik akun tersebut mengakui bahwa akun tersebut miliknya dan sudah meminta maaf secara pribadi kepada Kyai H Muhammad Hidayat dan telah dimaafkan, akan tetapi Kami selaku warga NU berharap agar pemilik akun Nyimas Atika tersebut Meminta Maaf Secara Umum ” jelasnya.

Mengenai hal tersebut, dari Lembaga Badan Otonomi NU tidak terima atas perbuatan pemilik akun Facebook yang telah menghina tokoh Kyai PC NU tersebut, karena yang telah dihina tersebut salah satu Tokoh Paku Bumi PC NU Musirawas yang mana sebagai sentral.

“Oleh karena itu dibutuhkan mediasi Kapolres dan nanti akan diagendakan permintaan maaf pemilik akun tersebut, kepada seluruh pengurus PC NU dan Badan Lembaga Otonomi NU. Jika terjadi tidak adanya kesepakatan Kita tunggu dulu ittikat baik dari yang bersangkutan, dan Kami berupaya meredah dibawah ini ” ungkap Kyai Usman. (Arif-Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.