Sosok Businessman, Akademisi, Budayawan/Seniman,Yang Memutuskan Terjun Kedunia Politik Demi Memperjuangkan Rakyat Banyak

FOTO HMS OKKKKKK

Ketika ditanya Apa Target  ke Depan untuk Perusahaan-Perusahaannya juga untuk Partai Tempatnya Berkiprah Secara Politik (Partai Gerindra-Red) , HMS Cuma Menjawab “ Nothing to Lose. Semuanya Demi Kebaikan Umat. Do the Best. Artinya Kita Harus Melakukan Perubahan (Change). Perubahan ke Depan Harus Lebih Baik. Willingness to Change (mau berubah) : Change to be Creative, Change to be Good, Better and Best “ pungkas HMS kepada Redaktur Liputan Hukum (Sabtu, 17/02/2018-Red).

FOTO HMS GERINDRA

BEKASI-LH: Sosok Tokoh yang satu ini tergolong unik, menarik, dan nyentik tetapi sangat merakyat. Mengapa tidak, segudang pengalaman di dunia bisnis, tidak pernah berhenti untuk belajar termasuk di dunia pendidikan formal hingga mendapatkan gelar Master dan Doktoral, tidak pernah melupakan adat istiadatnya sebagai orang batak sehingga dinobatkan sebagai salah seorang budayawan, bahkan yang bersangkutan juga sebagai seorang seniman yang hobby menciptakan lagu-lagu daerah dan lagu rohani, dan terakhir terjun ke dunia Politik Praktis demi berbuat untuk orang banyak yang mempunyai motto dalam hidupnya “ Dalam Bekerja Kita Harus Ikhlas ” Dialah Dr. H. Marhaban Sigalingging yang lebih terkenal dengan sebutan Haji Marhaban yang akhir-akhir ini dikalangan masyarakat Kota Bekasi terkenal dengan HMS.

Berlatar belakang businessman yang telah mencapai puncak kariernya pernah menduduki sebagai Senior Sales Manager di salah satu perusahaan asing. Kemudian atas saran teman-temannya yang sudah sukses bahwa jika mau berhasil, harus dari usaha kita sendiri . Terlebih beliau sudah cukup lama bekerja diperusahaan itu yakni selama kurun waktu sebelas tahun. Sosok pria dinamis ini akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Niat mulianya itu rupanya mendapat dukungan dari bossnya. Akhirnya HMS keluar baik-baik dari perusahaan itu.

FOTO HMS SEBGAI KETUA DEWAN PEMBINA STM HMS
Akhirnya, pada Tahun 2005 HMS memutuskan untuk memulai bisnisnya dengan berkantor di rumahnya sendiri. Selain termotifasi dari teman-temannya yang sudah sukses dengan usaha sendiri, HMS juga ingin lebih bermanfaat untuk orang banyak dengan ia membuka usaha sendiri sehingga bisa mensejahterakan masyarakat luas.

Awal merintis bisnisnya, HMS memulai dari sebuah rumah tipe 36 dengan berkantor di lantai atas dan akhirnya terus berkembang. Bisnis yang pertama kali ditekuninya adalah sebagai Supplier Peralatan Pendidikan (Education Electronic Kits) hingga Peralatan Pertambangan dan Eksplorasi (Exploration & Mining Equipment) dan merambah bidang lain seperti Rental dan Servis Alat-alat Tambang. Pria alumni FMIPA Universiatas Sumatera Utara lulusan Tahun 1990-an ini, semakin menancapkan pundi-pundi bisnisnya. Berbekal kejujuran dan keikhlasan akhirnya usahanya semakin maju pesat.

Alumni S-2 dari STIE Institut Pengembangan Wiraswasta Jakarta (STIE-IPWIJA) lulusan 29 Januari 2002 ini bertekad untuk memajukan Kota Bekasi sebagai kampung halamannya dimana HMS berdomisili beserta Istri dan Anak-anaknya. Menurutnya, Mengingat Kota Bekasi minim Sumber Daya Alam, sementara merupakan daerah penyangga Ibu Kota Negara, maka mau tidak mau Kota Bekasi harus menjadikan Sumber Daya Manusia sebagai salah satu modal dasar daerah.

Untuk itu lanjut HMS, Bekasi harus mempunyai Universitas Negeri Agar generasi mudanya memperoleh pendidikan yang murah, berkualitas dan relatif dekat dengan tempat tinggal masyarakat Bekasi. Oleh karena itulah, untuk merealisasikan cita-cita mulianya ini Pria Multi-Talenta yang sangat rajin beribadah ini berkeinginan untuk turut berpartisipasi aktif melalui jalur kebijakan Negara dengan berencana untuk turut menjadi Calon Legislatif di DPR-RI pada Tahun 2019 nanti sehingga memilih Daerah Pemilihan (Dapil) Bekasi-Depok.

Suami dari AKBP Andi Nurlia, SH, MH (bertugas di Mabes Polri-Red) ini, jauh-jauh hari sudah mulai berbuat. HMS terkenal dengan banyak bergaul dan mengumpulkan serta membantu berbagai pihak khususnya di Lingkungan Kota Bekasi. Mulai dari kepentingan Ormas, Komunitas Sosial, Komunitas Religius, Komunitas Kepemudaan, dan berbagai komunitas lainnya. Itulah sebabnya HMS cukup terkenal di berbagai Ormas, OKP, dan Komunitas yang ada di Kota Bekasi.

Visioner yang terkenal dengan “Visi Ikhlas meruapakan Investasi Kebaikan Hati Lewat Amal Shaleh” ini terkenal dengan investasinya dibidang amal shaleh. Hal ini bisa kita lihat dengan gigihnya HMS membangun tempat ibadah seperti Mushalah dan Masjid. Baik itu dilingkungan tempat usahanya maupun di tempat kediamannya. Bahkan HMS cukup banyak menyumbang tempat tempat ibadah diluar lingkungannya.

Walaupun perusahaan beliau bukan perusahaan Agama, namun beliau begitu concern dengan masyarakat sekitarnya. Terbukti dari penerapan amal jariahnya, yaitu dengan menyisihkan sekitar 2,5% dari setiap transaksi bisnis PT. MITRA INTIMARGA dan grup-grupnya untuk kaum dhuafa.

Beliau juga mendirikan masjid, karena baginya bekerja bukan sekedar mencari materi namun juga untuk beribadah, bukan sekedar corporate social responsibility.

Ketika ditanya apa target kedepan untuk perusahaan-perusahaannya juga untuk partai tempatnya berkiprah secara politik (Partai Gerindra-Red) , beliau Cuma menjawab “Nothing to lose. Semuanya demi kebaikan umat. Do the best. Artinya kita harus melakukan perubahan (change). Perubahan ke depan harus lebih baik. Willingness to change (mau berubah) : change to be creative, change to be good, better and best “ pungkas HMS kepada Redaktur Liputan Hukum (Sabtu, 17/02/2018-Red)

Selain bergerak dibidang Bisnis dan sosial kemasyarakatan serta religius, HMS juga seorang Sosok yang Cinta Budaya dan Seni. HMS sudah menciptakan sejumlah lagu yang sudah diupload di Youtube antara lain Ayat Dinar,Dainang Nauli Lagu, Ende Ni Si Raja Sigalingging, Tano Dairi, Anak Buhabaju, Ai Batak Do Hita, Poda Nauli, dan seterusnya.

Sebagai Suku Batak, HMS juga sangat aktif diberbagai perkumpulan (punguan-Red). Aktif di Perkumpulan Parna (sebagai Bendahara Umum-Red), punguan Marga Sigalingging, dan berbagai kegiatan sosial kebudayaan. HMS juga terkenal sebagai pemerhati Seni dan Budaya. Itulah sebabnya sangat wajar HMS diberi gelar Oppung Tuan Haji.

FOTO HMS OPPUNG TUAN HAJI

Untuk mengenal lebih detail Sosok HMS, berikut ini kami paparkan Daftar Riwayat Hidupnya lengkap dengan aktivitasnya diberbagai bidang kehidupan:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

MARHABAN SIGALINGGING, (Gelar: Oppung Tuan Haji) lahir di Sidikalang, Propinsi Sumatera Utara, tanggal 23 Januari 1965 dari Pasangan H. Amsal Saleh Sigalingging (Almarhum) dengan Ibu Hj. Tiona Manalu (Almarhum). Menyelesaikan pendidikan SD Negeri 3 Sidikalang tahun 1976. SMP Negeri I Sidikalang Kabupaten Dairi tahun 1979, dan SMA KHALSA Medan tahun 1984.

Selanjutnya menyelesaikan S1 program studi Fisika pada Universitas Sumatera Utara tahun 1990, S2 Manajemen pada STIE Institut Pengembangan Wiraswasta, Jakarta, Tahun 2002.
Pada tanggal 9 Maret 2015 LULUS DOKTOR dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).

Mengawali karirnya sebagai staff pengajar (Guru) di beberapa tempat Bimbingan Belajar (Bimbel) di Kota Medan, juga aktif mengajar formal sebagai Guru Matematika dan Fisika di beberapa sekolah Yayasan Perguruan Swasta (SD-SMP, SPG dan SMA), antara lain di Yayasan UISU (1984-1990) dan di SMA Negeri 6, Medan (1985-1989). Sebagai Assisten Dosen di beberapa Perguruan Tinggi di Medan (1990 – 1992).

1. Tahun 1992 – 2003 bekerja di Jakarta sebagai Profesional/Karyawan di berbagai Perusahaan Nasional dan Multinasional.
2. Tahun 2004 – Sekarang bergabung dengan PT. MITRA INTIMARGA, dengan jabatan sebagai Direktur.
3. Tahun 2006 – 2013 Komisaris Utama PT. Mitra Tambang Sosa.
4. Tahun 2007 – 2015 Komisaris PT. Artha-Bumi Hasian (Mining Services & Exploration Equipments).
5. Tahun 2008 – Sekarang Direktur Utama PT. Ray Al’Fitrah Tour (Ticketing, Travel and Umroh).
6. Tahun 2009 – Sekarang Komisaris Utama CV. Surya Mitra Kemakmuran (SMK).
7. Tahun 2012 – 2013 Pemegang Saham Mayoritas PT. Dunia Mitra Technology (DMT).
8. Tahun 2012 – 2013 Komisaris PT. Marhaban Media Muslim (M3).
9. Tahun 2012 – 2013 Komisaris PT. Mitra Nuansa Cemerlang (MNC).
10. Tahun 2010 – 2014 Komisaris PT. Rahmat Mitra Niaga (RMN).
11. Tahun 2012 – 2015 Komisaris PT. Karya Agung Sogosoro (KAS).
12. Tahun 2015 – Sekarang President Director PT. Artha Bumi Harapan (ABH).
13. Tahun 2015 – Sekarang President Director MARHABAN CORPORATION (Marhaban Corp). Pemilik GRAHA MARHABAN, yang ada di Kota Bekasi.

Aktivitas Sebagai Profesional dan Businessman:

1. Himpunan Fisikawan Indonesia (HFI).
2. Assosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO).
3. Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia/South East Asian Geophysics (HAGI/SEAG).
4. Ketua Bidang Teknik dan Pengembangan Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (APEMINDO) Indonesian Chamber of Commerce and Industry (DPP KADIN).
5. Dewan Penasehat KADIN Kota Bekasi.
6. Ketua Umum Forum Bisnis Bekasi (FBB).

Mengikuti berbagai pelatihan, seminar dan workshop sebagai peserta dan presenter di dalam Negeri tingkat Regional maupun Internasional di berbagai Negara seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, Vietnam, Thailand, Korea, China, Inggris, Jerman, Rusia, Spanyol, Italia, Luxemburg, Belgium, Holland, Swiss, Cezh Rep., Australia, Canada dan Amerika Serikat.

Aktivitas Sebagai Akademisi :

1. Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro, Bandar Lampung. Status: Aktif, NIDN No. 022 301 6502 (http://forlap.dikti.go.id/dosen/detail).
2. Dosen Tetap di Universitas Muhammadiyah Metro, dalam jabatan LEKTOR Sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 5708/KP/2017 tertanggal 1 Oktober 2017.

Aktivitas Di Lingkungan Sosial & Masyarakat:

1. Wakil Ketua Umum Punguan Popparan Raja Sigalingging (PPRSI) dan Pembina serta Penasehat Punguan Marga dan Naposobulung (Muda-mudi) se Jabodetabek.
2. Ketua Forum Komunikasi Popparan Raja Naiambaton (FK-PARNA) se Jakarta Raya.
3. Bendahara Umum Yayasan PARNA INDONESIA di Indonesia.
4. Koordinator wilayah JABODETABEK & BANTEN POPPARAN PARNA INDONESIA (PPI).
5. Ketua Yayasan Marhaban Corp. Kota Bekasi.
6. Ketua Yayasan Keluarga Besar Peduli – Parsadaan Naiambaton (GABEPE-PARNA).
7. Ketua Yayasan Appresiasi Musik Batak (Batak Music Award).
8. Ketua Umum Majelis Muslim Batak Toba (MAMU-BATO) se Jabodetabek.
9. Dewan Pengawas Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI).

10. Dewan Pembina Persatuan Sepaktakraw Indonesia (PSTI) KONI – Kota Bekasi.
11. Dewan Syuro Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI).
12. Ketua Dewan Penyantun Masjid Jamik Al’Muhajjirin.
13. Ketua Dewan Batak Muslim Jabodetabek (BAMUS).

14. Dewan Pembina dan sekaligus Ketua Majelis Taqlim dan Pendiri Mushalla Al’Fitrah.
15. Ketua Dewan Pembina Serikat Tolong Menolong Holong Mangalap Satahi (STM – HMS).
16. Mendirikan MASJID MARHABAN.

Aktivitas Di Lingkungan Organisasi Masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat (ORMAS/LSM):

1. Dewan Pakar SDM Forum Betawi Rempug (FBR) Korwil Kota Bekasi.
2. Dewan Penasehat Forum Komunikasi Anak Betawi (FORKABI) DPD Kota Bekasi.
3. Dewan Penasehat Pemuda Pancasila (DP) DPC Kota Bekasi.
4. Dewan Penasehat BPPKB Banten DPD Kota Bekasi.
5. Dewan Penasehat Forum Komunikasi Rukun Warga (FK – RW) Bekasi Selatan.
6. Ketua Umum Forum Komunikasi Himpunan Masyarakat Solider (FK– HMS) Kota Bekasi.
7. SAHABAT MARHABAN – Kota Bekasi & Kota Depok.
8. SATGASUS MARHABAN – Kota Bekasi & Kota Depok

9. Ketua Dewan Pembina Serikat Tolong Menolong Holong Mangalap Satahi (STM-HMS).

Aktivitas Di Dunia Seni Musik dan Budaya:

1. AI BATAK DO HITA dalam bentuk VCD & DVD duet bersama Thamrin
Manullang (Trio NUANSA).

2. BATAK MUSLIM BERSHALAWAT (BMB) album VCD & DVD berisikan 11
Karya Dr. H. Marhaban Sigalingging bersama Andi M. Situmorang (Trio AMBISI).

3. BATAK MUSLIM VOICE (BMV) album musik dalam bentuk VCD & DVD dengan 10
judul Lagu terpopuler, Pencipta Lagu Religi Batak Muslim (Misi Dakwah).

Aktivitas dan Jabatan di Lingkungan Partai Politik :

1. 2008 : Bendahara Umum SATRIA DPP GERINDRA.
2. 2008 : Mengikuti Kaderisasi Chandra dimuka Partai GERINDRA.
3. 2009 : Caleg DPRI dari Partai GERINDRA Dapil 3 Sumut.
4. 2013 – Sekarang : Dewan Penasehat DPC Partai GERINDRA, Kota Bekasi.

Hubungan Pernikahan:

FOTO HMS BERSAMA ISTRI

Menikah dengan AKBP Hj. Andi Nurlia SH., MH. yang bertugas di Mabes Polri, Putra Bapak Kapten TNI Kav. Basoonto Daeng Painga (Almarhum) dan Ibu Hj. Kokon Koniah. Dikarunia seorang putri, Siti Percika Al’Fitrah (Cika), dan seorang putra Alif Ray Al’Fitrah (Alif) yang masih duduk di Bangku SMA Islam Al-Azhar 8 dan SD Islam Al-Azhar, Kemang Pratama, Bekasi.

FOTO HMS DAN KELUARGA

                                                                                                                                          FOTO HMS DI LAS VEGAS

Demikian sosok seorang Tokoh yang di Kota Bekasi akrab dipanggil dengan HMS yang dapat kami uraikan dan kami muat di “Rubrik Tokoh” Media Liputan Hukum.(Raza/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *