Cuti Bersama Hanya 1 Januari Sementara 2 Januari 2018 Seluruh PNS Wajib Masuk Kerja

 

JAKARTA-LH: Cuti bersama Tahun Baru 2018 hanya 1 Januari. Artinya, 2 Januari (Selasa, 02/01/2018-Red) wajib masuk kerja bagi seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS). Terkait hal ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Asman Abnur, menegaskan bahwa 2 Januari 2018 bukan merupakan cuti bersama. Oleh karena itu, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), wajib masuk kerja pada tanggal tersebut.

“Bagi PNS yang nekat tidak masuk kerja, ada sanksi yang telah menanti,” pungkas Asman (Dikutip dari Laman Resmi Setkab; Kamis, 28/12/2017-Red). Asman lebih jauh menjelaskan, dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomor:01/Skb/Menpan-Rb/09/2017 yang ditandatangani oleh tiga menteri telah menetapkan tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018.

Tiga menteri itu antara lain Menteri PAN-RB Asman Abnur, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. SKB diteken pada 22 September 2017. “Untuk hari libur nasional dan cuti bersama 2018 sebanyak 21 hari. Terdiri dari 16 hari untuk libur nasional dan 5 hari untuk cuti bersama. Tidak dicantumkan dalam SKB itu bahwa 2 Januari merupakan cuti bersama,” kata Asman.

Asman menuturkan, ada sanksi bagi PNS yang tidak masuk lebih satu hari pada tahun baru dan bolos di hari kejepit. Sanksi itu berdasarkan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 1017. “Di situ sudah jelas dirinci bagi PNS yang melanggar ada sanksi. Semuanya sudah rinci, prosesnya sudah jelas,” ujar Asman. Terkait hal ini, Wagub DKI Sandiaga Uno juga melakukan sidak ke sejumlah Dinas. “Hasilnya ada yang oke ada yang belum signifikan (masuk kerja). Sesuai dengan rencana kita tadi, kita jangan lembek, jangan kasih kendor kita gaspol,” kata Sandi di Ruang Serba Guna Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta, Selasa (02/01/2018-Red).

Dari hasil sidak tersebut, Sandi menemukan PNS bolos dan terlambat. “Ada yang tidak masuk, ada yang terlambat, ada yang belum terlalu menyadari bahwa tanggal 2 ini masuk,” tambah Sandi. Padahal menurut Wagub tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menetapkan tanggal masuk kerja bagi PNS di Pemprov DKI adalah 2 Januari. “ Padahal kan jelas banget masuk, Pak Anies sendiri bilang ada rapim hari ini. Jadi ini kita harus pastikan kedisiplinan dari pegawai pemprov,” ungkap Sandi.

Seiring dengan SKB Tiga Menteri, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan akan membayarkan gajibulan Januari untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Anggota TNI/Polri pada 2 Januari 2018. Keputusan ini mengingat libur bersama Tahun Baru hanya 1 Januari 2018. “Gaji bulan Januari akan dibayarkan pada 2 Januari 2018,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono sebagaimana dilansir Liputan6.com, Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Keputusan ini, diakuinya, berdasarkan hasil konfirmasi yang dilakukan Ditjen Perbendaharaan Negara bahwa libur bersama Tahun Baru hanya 1 Januari 2018. Dengan demikian, hari kerja pertama bulan Januari adalah 2 Januari 2018. “Gaji tersebut akan ditransfer dari kas negara ke seluruh rekening penerima pada dini hari pada 2 Januari,” Marwanto menjelaskan.

Namun demikian, sambungnya, bagi daerah-daerah dengan infrastruktur teknologi informasi (IT) dalam kondisi bagus, gaji PNS dan Anggota TNI/Polri dapat langsung diterima lebih pagi. “Tapi untuk beberapa daerah yang infrastruktur IT termasuk jaringan yang kurang baik, bisa diterima di siang hari (2 Januari 2018),” tegas Marwanto. Sementara kas negara untuk membayar gaji PNS dan Anggota TNI/Polri di tahun depan, diakui Marwanto dalam kondisi aman. “InsyaAllah aman,” ucapnya singkat.

Sementara itu, dari hasil pantauan LH di Pemprov DKI Jakarta dan sekitarnya ternyata masih banyak PNS yang belum masuk pada Selasa 2 Januari 2018. Selain itu, banyak pula yang terlambat masuk. (Ali S/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *