LP KELAS II JAMBI MENCEKAM

FOTO LP JAMBI RUSUH

JAMBI-LH: LP Kelas II Jambiyang berada di Jalan Pattimura Kota Jambi rusuh dan para napi membakar Lapas. Aksi unjuk rasa warga binaan yang awalnya damai kemudian makin memanas dan terakhir berujung bentrok.

Aksi unjukrasa mulai berlangsung sekitar pukul 19.00 WIB (Rabu, 01/03/2017-Red) dan aksi semakin memanas sekitar pukul 21.34 WIB, ketika napi mulai melakukan pembakaran. “Katanya pagar sudah dijebol sama napi, yang demo banyak,” kata sumber di lokasi kejadian yang tidak sempat diminta identitasnya.

Belum diketahui pasti penyebab aksi unjukrasa. Namun sempat ada informasi yang beredar bahwa aksi dipicu karena para napi menolak razia narkoba yang dilakukan petugas di dalam Lapas.

Namun menurut keterangan pejabat terkait termasuk Kakanwil Kumhan Jambi Bambang bahwa penyebab kerusuhan adalah karena terjadi over capacity.

Sementara Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, sempat ada demonstrasi oleh para narapidana (napi) sebulan yang lalu. Mereka menuntut adanya pelayanan yang kurang baik di LP tersebut. “Satu bulan lalu ada demo. Banyak tuntutan, intinya pelayanan di lapas kurang bagus, antara lain iurang air bersih,” kata Zumi (Kamis (02/03/2017-Red). Gubernur Zumi sendiri mengaku sudah melihat langsung kondisi LP tersebut. Dia pun sudah mengajukan agar Kepala LP segera diganti. “Saya sudah tinjau lapas itu dan sudah laporkan agar kepala lapas diganti, karena tidak ada perubahan,” tambah Zumi Zola.

Sampai berita ini ditayangkan situasi sudah mulai dapat dikendalikan. Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Dandrem 042 Gapu Kolonel Inf Reflizal Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara, Walikota Jambi SY Fasha, dan Kapolresta Jambi Kombes Pol Bernard Sibarani tampak turun langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). (Kurniawan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *