529 views

Kunjungan Istimewa Raja Salman Dan Keuntungannya Bagi Indonesia

JAKARTA-LH: Jazuli Juwaini Anggota Komisi Luar Negeri DPR, menilai kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia merupakan kunjungan yang istimewa dan bersejarah. Sebab, Raja Salman adalah figur yang dihormati dunia, khususnya bagi umat muslim di seluruh dunia.

“Kunjungan Raja Salman istimewa dan bersejarah karena dua hal. Ini adalah kunjungan resmi Raja Saudi sejak terakhir Raja Faisal pada 1970 atau 47 tahun silam,” kata Jazuli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/02/2017-Red).

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera itu mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo mempersiapkan kunjungan ini. Termasuk upaya mengoptimalkan peningkatan kerja sama dan diplomasi antara kedua negara.

Menurut dia, terdapat beberapa manfaat kunjungan Raja Salman. Pertama, kunjungan ini adalah diplomasi untuk memperkuat relasi yang menguntungkan. Beberapa hal bisa dibahas mulai isu kuota dan pelayanan haji hingga perlindungan dan kesejahteraan TKI. “Dari sisi Indonesia, dalam rangka memperkuat posisi tawar dalam isu-isu spesifik,” ujar Jazuli.

Selain itu, ia menilai kunjungan ini merupakan diplomasi ekonomi dan investasi . Kerja sama investasi itu, kata Jazuli, terutama terkait dengan pengelolaan minyak antara Pertamina dan Aramco milik Arab Saudi. Ia menilai kunjungan tersebut berpengaruh terhadap diplomasi budaya, pendidikan, dan agama. Tujuannya, mempromosikan Islam moderat dan berkontribusi bagi perdamaian dunia.

Jazuli pun mendorong adanya pertukaran pelajar dalam bidang pendidikan serta beasiswa bagi pelajar dari kedua negara. Menurut dia, pertemuan kedua negara sebagai negara Islam terbesar dapat digunakan untuk menggalang solidaritas guna meningkatkan pembangunan, kemajuan, dan kesejahteraan di negara-negara muslim.

“Posisi Indonesia yang strategis, baik secara geopolitik maupun sebagai negara muslim demokratis terbesar di dunia, merupakan keunggulan yang sangat diperhitungkan Saudi dalam kerangka kerja sama kedua negara,” kata Jazuli. (Rz/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.