RIDWAN SITORUS Alias IUS PANE AKHIRNYA DITANGKAP DI MEDAN

foto-ius-pane

MEDAN-LH: Jajaran Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Timur, dan Polresta Depok yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Sapta Maulana Marpaung akhirnya berhasil menangkap DPO Ridwan Sitorus alias Ius Pane atau Marihot Sitorus (45), salah satu pelaku perampokan di Pulomas Jakarta Timur di Pool Bus ALS (Antar Lintas Sumatera), Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Minggu Pagi sekitar Pukul 07.47 WIB (01/01/2017-Red).

Sesuai keterangan saksi di TKP yaitu Satpam Kantor Pool ALS bahwa aparat kepolisian sudah mengintai Ius Pane di Pool Bus Antar Kota tersebut sejak malam. Sesuai keterangan saksi bahwa tidak ada perlawanan saat penangkapan terhadap buronan Polda Metro Jaya tersebut.

Saksi lain yakni Supir Bus ALS Marwan yang membawa Ius Pane mengatakan bahwa Ius Pane naik dari Bogor dan tidak ada gerak-gerik yang mencurigakan dari Ius selama dalam perjalanan. “ Memang dia sempat minta turun sebelum kota namun kami bilang semuanya di Pool aja. Akhirnya dia manut dan tidak keberatan” ujar Sang supir ALS. ” Memang sempat juga salah tangkap tapi akhirnya penumpang lain itu sudah dibebaskan, ” tambahnya.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, mengonfirmasi penangkapan Ius Pane tersebut. “Iya benar ditangkap di Medan,” ujar Argo, kepada wartawan (01/01/2017-Red). Namun, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu mengaku belum dapat menjelaskan secara rinci mengenai kronologis penangkapan tersebut. “Belum tahu ada perlawanan saat tangkap atau tidak. Saya baru bisa sampaikan informasi seperti itu dulu,” tambah Argo.

Ius Pane sudah menjadi buronan Polda Metro Jaya (DPO) sejak lima hari yaitu sejak teman-temannya tertangkap dan bahkan salah satu yang dianggap sebagai Kaptennya Ramlan Butar-butar tewas pada saat penangkapan setelah sempat dibawa RS Polri Kramat Jati Jakarta Timur.

Berdasarkan rekaman CCTV dan penjelasan Kapolda Metro Jaya Irjend Pol Iriawan bahwa salah satu peran Ius Pane adalah menyeret almarhumah Diona yang berumur 16 tahun dari kamarnya itu, diseret juga dipukul pakai senpi.

Setelah penangkapan, Ius Pane langsung diterbangkan ke Jakarta untuk selanjutnya akan diproses seperti temannya yang sudah lebih duluan tertangkap. (Badri Kalimantan/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *