KAPOLRI PERSILAHKAN MASYARAKAT AJUKAN PRAPERADILAN TERHADAP KEPUTUSAN POLDA RIAU

sp3-karhutla-ol-8-sept-2016

JAKARTA-LH: Jenderal Tito Karnavian (Kapolri-Red) mempersilakan masyarakat untuk melakukan praperadilan terhadap keputusan Polda Riau yang sudah menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3), terhadap 15 perusahaan dalam kasus karhutla.

Jenderal Tito Karnavian mengaku tak keberatan kasus-kasus dugaan pembakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada tahun 2015 dibuka kembali.

“Siapapun juga boleh mengajukan praperadilan, rekan-rekan LSM silakan,” ujar Tito di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta (Rabu,07/09/2016-Red).

Menurut Tito, SP3 bukanlah sebuah keputusan yang final dan mengikat. “Bisa dibuka kembali kasus-kasus itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pada bulan Juli, Polda Riau telah menerbitkan SP3 pada sedikitnya 15 perusahaan dalam kasus dugaan pembakaran hutan dan lahan. Perusahaan itu diduga terkait dengan kebakaran hutan yang terjadi pada 2015.

Perusahan-perusahaan itu adalah PT Bina Duta Laksana, PT Perawang Sukses Perkasa Indonesia, PT Ruas Utama Jaya, PT Suntara Gajah Pati, PT Dexter Perkasa Industri, PT Siak Raya Timber, PT Sumatera Riang Lestari, PT Bukit Raya Pelalawan, PT Hutani Sola Lestari, KUD Bina Jaya Langgam, PT Rimba Lazuardi, PT Langgam Inti Hibrindo, PT Palm Lestari Makmur dan PT Wahana Subur Sawit. (Raza/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *