Usai Sanksi Ekonomi Iran Dicabut Timbulkan Ketakutan Israel Dan Saudi

FOTO INT BENYAMIN

LIPUTAN HUKUM: Akibat perjanjian nuklir ini antara enam negara kuat dunia (Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, dan China) dengan Iran sudah disepakati. Teheran dibebaskan dari sanksi ekonomi.

Hal ini disambut baik oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani. Menurutnya, pencabutan sanksi ini sebagai masa keemasan negaranya.

“Kesepakatan nuklir merupakan kesempatan yang harus kita ambil untuk membangun negara. Ini dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa, serta menciptakan stabilitas dan keamanan di kawasan,” ucap Rouhani, seperti dilansir dari Reuters.

Dengan adanya kesepakatan itu, Rouhani yakin akan membawa hal positif dari Iran. Dan benar saja, isolasi ekonomi terhadap Iran langsung dicabut oleh Badan Pengawas Nuklir PBB, Dewan Energi Atom Internasional (IAEA).

IAEA kemudian membuka akses untuk Iran pada aset beku mereka sebesar $ 100 miliar (setara Rp 1.391 triliun). Meskipun demikian, ada yang tidak senang dan merasa terancam dengan pencabutan sanksi ekonomi Iran.

Arab Saudi dan Israel, merupakan dua negara yang terlihat ketakutan dengan keputusan PBB tersebut. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu merupakan yang paling vocal. (William/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *